Home > Gaya Hidup > Empat Hal Ini Sebaiknya Dilakukan Bagi Wanita Sejak Dini Agar Payudara Tetap Sehat

Empat Hal Ini Sebaiknya Dilakukan Bagi Wanita Sejak Dini Agar Payudara Tetap Sehat

Jakarta – Payudara merupakan ‘aset’ bagi wanita yang harus dijaga keindahan dan kesehatannya karena payudara termasuk organ tubuh wanita yang rawan sekali terkena berbagaimacam penyakit. Salah satunya yang paling mengerikan adalah kanker payudara.

Empat Hal Ini Sebaiknya Dilakukan Bagi Wanita Sejak Dini Agar Payudara Tetap Sehat

Karena itu, beberapa hal ini sebaiknya perlu dilakukan oleh wanita sejak dini, paling tidak sejak umur 20 tahun, untuk mendapatkan payudara yang sehat.

Rutin Berolahraga Setiap Hari
Luangkan waktu paling tidak 45 menit setiap hari untuk berolahraga agar ketahanan tubuh terhadap penyakit tetap terjaga dengan baik. Olahraga yang rutin juga dipercaya membantu menurunkan hormon estrogen dan insulin, yang mana bisa jadi pemicu kanker payudara.

Rutin Mengecek Berat Badan
Rutin secara teratur untuk mengecek berat badan, karena berat badan yang berlebih bisa meningkatkan risiko serangan penyakit, termasuk kanker.

Banyak Mengkonsumsi Sayur
Diet rendah lemak sangat bisa membantu menurunkan potensi serangan kanker payudara, apalagi jika diimbangi dengan asupan sayuran hijau yang bisa mencegah timbulnya sel abnormal dan berkembangnya sel-sel kanker.

Jangan Mengkonsumsi Minuman Beralkohol
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsidua gelas minuman beralkohol bisa meningkatkan potensi kanker payudara sebanyak 21 persen.

Lakukan Pengecekan Payudara Secara Teratur
Penting juga untuk melakukan pemeriksaan dini terhadap payudara ke dokter dengan melakukan mammogram, apalagi bila di dalam keluarga memiliki riwayat penyakit kanker payudara.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Mengerjakan PR Selama 30 Menit Bisa Meningkatkan Stres Pada Anak

Mengerjakan PR Selama 30 Menit Bisa Meningkatkan Stres Pada Anak

Jakarta – Pekerjaan rumah alias PR biasanya diberikan oleh guru agar anak belajar dirumah.Namun tahukah ...