Home > Ragam Berita > Internasional > Arab Saudi Jalin Kerjasama Dengan Israel Bangun Jalur Kereta Api

Arab Saudi Jalin Kerjasama Dengan Israel Bangun Jalur Kereta Api

Tel Aviv – Pembangunan jalur rel kereta api penghubung negara-nrgara arab akan kembali dilanjutkan, kali ini Israel-Arab Saudi mulai menindaklanjuti hal tersebut dan menelan anggaran Israel sebesar 4,5 juta Dollar AS.

Arab Saudi Jalin Kerjasama Dengan Israel Bangun Jalur Kereta Api

Al Araby Al Jadeed mengabarkan jika proyek rel kereta api ini merupakan bagian kerja sama megaproyek ekonomi kedua negara. Rel ini akan digunakan untuk distribusi barang dan orang di Israel maupun negara-negara Arab yang dilalui.

Sedangkan Yedioth Ahronoth mengabarkan bahwa pemerintah Israel telah mengalokasikan anggaran sebesar 15 juta New Israel Shekel (NIS) atau setara 4,5 juta Dollar AS dalam anggaran 2019.

Dalam penuturannya, rencana ini akan dimulai dengan pembangunan stasiun pemberangkatan dari Israel akan dibangun di Bisan. Jalur kereta akan melintasi Yordan, Irak, dan Arab Saudi untuk membawa berbagai barang yang ditampung di Pelabuhan Haifa.

Yisrael Katz selaku Menteri Transportasi Israel mengatakan bahwa kereta ini sebagai ‘jalur perdamaian’ yang membuka jalur perdagangan baru bagi negara teluk melalui pelabuhan Israel.

Pembangunan rel ini merupakan proyek ambisius Katz. Pada pertengahan Januari 2018 ia menyebutkan jalur baru ini akan disambungkan dengan jalur kereta dari Beit She’an Timur ke perlintasan Sheikh Hussein di Yordania.

Jalur di perbatasan sepanjang 15 kilometer rencananya akan dibangun dengan rel jalur ganda, jembatan, dan terowongan. Teknologi khusus akan digunakan untuk menundukkan medan yang bergunung. Selain itu pos pemeriksaan tetap akan dibangun di bagian perbatasan. Jalur kereta api ini akan menurunkan jumlah operasional truk yang rawan kecelakaan di kawasan itu.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Suriah Akhirnya Sukses Rebut Damaskus dari ISIS

Suriah Akhirnya Sukses Rebut Damaskus dari ISIS

Damaskus – Setelah dikuasai kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS), kini bendera Suriah ...