Dieng

Dieng

Banjarnegara – Belum lama ini aktifitas dari Pegunungan Dieng mulai menampakkan geliatnya. Bahkan sampai saat ini sudah banyak rumah yang berada di Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah telah rusak bahkan sampai ada yang roboh.

Bahkan pada Jumat, 19April 2013 malam, goncangan gempa dari Kawah Timbang mencapai 4,8 Skala Richter. Sampai saat ini sudah tercatat sekitar 108 bangunan rusak berat dan 64 rusak ringan. Tidak hanya itu saja, peralatan elektronik dan juga banyak perabotan rumah tangga yang pecah akibat guncangan gempa yang terjadi.

Ada dua rumah ibadah yang mengalami rusak berat. Selain kerusakan fisik, ada juga korban dalam insiden tersebut. Korban tersebut adalah dua orang warga Kepakisan, ia mengalami luka patah tulang dikarenakan tertimpa reruntuhan rumah.

Seperti yang dituturkan oleh Junaedi, warga Kepakisan, Sabtu (20/4/2013), bahwa ”Semalam itu terjadi gempa yang besar, sehingga mengakibatkan kami harus berhamburan dari luar rumah, ditambah lagi malam tersebut keadaannya hujan. Bahkan dengan adanya kejadian tersebut banyak anak kecil yang berhamburan keluar.

Dari alat perekam kegempaan di Pos Pengamatan Gunung Api Dieng di Desa Karang Tengah, memang sejak Jumat malam pukul 19.00 WIB hingga pagi tadi pukul 06.00 WIB telah terjadi sebanyak 160 kali gempa. Gempa tersebut berpusat di pegunungan Dieng. Oleh tim Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), aktifitas dari Kawah Timbang masih terus diselidiki. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)