Ujian Nasional SMP

Ujian Nasional SMP

Jakarta –Pelaksanaan Ujian Nasional untuk SMP telah dimulai hari ini. Namun nampaknya hal yang sama juga dikeluhkan oleh siswa-siswi SMP. Dimana kualitas dari lembar jawaban siswa sangat buruk. Hal yang serupa juga terjadi pada waktu UN tingkat SMA pada minggu lalu.

Putri Bilqis, seorang siswi SMP 30 Jakarta pada Senin (22/4/2013) mengungkapkan bahwa lembar jawaban terlalu tipis, sehingga apabila kita akan mengoreksi  maka lingkaran pilihan juga ikut terhapus. Hal yang sama juga diungkapkan oleh Aurin teman satu SMP Bilqis. Ia juga menuturkan hal yang sama, dimana lembar jawaban sangat rentan sobek ketika dihapus.

Selain itu Aurin juga menambahkan bahwa jika kita terlalu keras menekannya ketika menghapus maka lembar jawaban bisa sobek. Hal yang senada juga diungkapkan oleh Aufadiah, bahkan ia mengatakan bahwa lembar jawaban tipis, seperti tissue. Sehingga siswa SMP takut jika robek ataupun kotor. Sehingga jika robek maka akan memakan waktu yang cukup lama, otomatis menyita waktu UN yang telah ditentukan.

Seharusnya Pemerintah sudah mendapatkan pelajaran dari pelaksanaan UN SMA pada minggu lalu. Bahkan untuk UN SMA, 11 propinsi di Indonesia harus mengalami keterlambatan dikarenakan lembar jawaban dan soal belum sampai di tujuan. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)