Nissan DAYZ

Nissan DAYZ

Tokyo – Dalam minggu terakhir ini, Nissan telah mulai melakukan proses produksi salah satu produk mereka yang merupakan hasil kolaborasi dengan Mitsubishi. Proses produksi itu sendiri dilakukan di salah satu cabang Mitsubishi Mizushima yang terletak di perfektus Okayama. Proses penjualan dari produk tersebut akan dilakukan pada bulan Juni mendatang dengan Nissan DAYZ dan Mitsubishi eK Wagon. Kedua pabrikan otomotif asal jepang tersebut melakukan kolaborasi demi meraih pangsa pasar minicar di Jepang yang saat ini memiliki konsumen sebesar 38%. Hal ini seperti diberitakan oleh Inautonews, Selasa (21/5/2013).

Peningkatan jumlah konsumen minicar di Jepang tersebut tentu saja disebabkan karena kemudahan handling dan biaya yang murah. Beberapa analis otomotif juga menyatakan bahwa penjualan minicar di Jepang akan terus meningkat walaupun sebagian besar dari industri lokal saat ini tengah mengalami penurunan. “Sebuah hal yang sangat penting bagi para pengusaha otomotif untuk mengenalkan kendaraan kecil apabila mereka ingin meraih pangsa pasar lokal,” ujar Kohei Takahashi, analis dari JPMorgan Chase &Co di Tokyo. “Dalam pasar Jepang yang saat ini mengalami penurunan, segmen kendaraan kecil merupakan varian yang mengalami peningkatan penjualan,” tambahnya.

Proyek kerja sama antara Nissan dan Mitsubishi ini telah berlangsung sejak 2011 silam. Kerja sama tersebut berkonsentrasi dalam pembangunan minicar untuk memenuhi kebutuhan pasar Jepang. Kedua produk yang dihasilkan yakni Nissan DAYZ dan Mitsubishi eK Wagon akan bersaing dengan Daihatsu Motor’s Move dan Honda N-box sebagai penguasa pasar tahun ini. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)