Choe Ryong Hae

Choe Ryong Hae

Beijing – Korea Utara diberitakan telah mengirimkan delegasi militer mereka menuju China. Rombongan tersebut dipimpin oleh Choe Ryong Hae yang merupakan wakil ketua dari badan militer tertinggi negara komunis tersebut. Kunjungan ini merupakan yang kedua kalinya semenjak kondisi semenanjung Korea mulai memanas. Sebelumnya, paman presiden Korut yakni Jang Song Thaek telah melakukan kunjungan serupa pada bulan Agustus tahun lalu.

Hubungan antara Korea Utara dan China sendiri sebenarnya saat ini telah longgar sejak pihak Pyongyang melakukan uji coba terhadap tes nuklir ketiga yang dilakukan oleh pemerintah Korea Utara. Selain itu, longgarnya hubungan kedua negara tersebut juga ditengarai lantaran China yang menyetujui sanksi yang ditujukan oleh PBB pada pihak Korea Utara.

Dalam kunjungan tersebut, Choe pertama kali menemui Wang Jiarui yang merupakan menteri luar negeri China. Hal ini seperti yang telah diberitakan oleh Reuters, Rabu (22/5/2013). Langkah diplomatis yang diambil oleh pihak Korea Utara ini sendiri diambil setelah pihak Jepang mengirim utusan khusus mereka pada minggu lalu. Utusan khusus yang dikirim oleh Jepang tersebut dipimpin oleh Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe.

Hingga saat ini, detail mengenai pertemuan yang dilakukan antara Korea Utara dan China tersebut masih belum diberitakan seara rinci. Sebagai catatan, Choe Ryong Hae merupakan salah satu pendukung paling loyal dari Kim Jong Un. Pria tersebut mendapatkan kedudukannya saat ini setelah menggantikan ayahnya sekitar setahun terakhir ini. (Rani Soraya – www.harianindo.com)