Gubernur DKI, Joko Widowo

Gubernur DKI, Joko Widowo

Jakarta – Sejak terpilihnya Joko Widodo (Jokowi) sebagai Gubernur banyak sekali perubahan yang dilakukan guna mencapai Jakarta yang lebih baik lagi. Bahkan untuk saat ini saja, Pemprov DKI sedang menggalakkan agar para pedagang kaki lima (PKL) tidak berjualan di pinggiran jalan.

Ketika ditemui harianindo di Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (4/6/2013), Jokowi menuturkan bahwa para pedagang yang berjualan di jalanan akan segera ditertibkan. Karena dengan adanya para pedagang ini maka akan mengganggu para pengguna jalan.

Pada umumnya para PKL ini berjualan di sekitar trotoar dan jalan-jalan. Karena trotoar seharusnya diperuntukkan para pejalan kaki dan jalan di jalur lambat agar difungsikan untuk kendaraan. Oleh karena itu seharusnya para pedagang berjualan ditempat yang semestinya.

Mulai saat ini Pemprov DKI akan menertibkan beberapa PKL yang berjualan di jalan mulai dari Pasar Minggu. Jokowi menuturkan bahwa, pihak pemerintah tidak melarang para pedagang untuk berjualan. Oleh karena itu PKL ini nantinya akan dikembalikan ke pasar.

Rencananya pihak Pemprov DKI akan menyediakan tempat bagi para PKL itu untuk berjualan. Ada sekitar 23 tempat yang dikhususkan untuk para pedagang yang dahulunya berjualan di jalanan. Untuk masalah harga per kiosnya, Jokowi belum menjelaskan. Karena semuanya tergantung dari kios yang nantinya akan ditempati. (Rani Soraya – www.harianindo.com)