Mesin tiga silinder Ford

Mesin tiga silinder Ford

Michigan – Salah satu pabrikan otomotif asal Amerika, Ford Motor Company dikabarkan akan segera meluncurkan mesin terbaru mereka di Amerika. Mesin yang dimaksud tersebut adalah mesin tiga silinder milik mereka. Mesin berukuran kecil yang telah mendapatkan penghargaan tersebut untuk pertama kalinya akan turun di Amerika bersama Ford Fiesta 2014 pada musim panas kali ini.

Menggunakan mesin tiga silinder tersebut, Ford Fiesta 2014 akan menjadi kendaraan non – hybrid yang paling irit bahan bakar. Pada Rabu lalu, mesin tiga silinder Ford ini berhasil meraih penghargaan untuk yang kedua kalinya sebagai Engine of the Year, sebuah penghargaan yang sangat berharga mengingat merupakan hasil voting dari seluruh dunia.

Nantinya, dalam Ford Fiesta 2014, mesin tiga silinder tersebut akan memiliki tenaga sebesar 123 HP atau tiga HP lebih dari model standar dan memiliki torsi sebesar 148 lb-ft yang berari 36 lb-ft lebih dari mesin sebelumnya. Hal ini seperti diberitakan oleh Inautonews, Kamis (6/6/2013).

Mesin tiga silinder Ford ini sendiri sebenarnya telah umum digunakan di Eropa. Pihak Ford sendiri berencana untuk menambah kapasitas produksi mereka tiga kali lipat pada tahun 2015 mendatang. Pada tahun 2011 lalu, Ford memproduksi 141.000. Jadi, nanti pada tahun 2015 diperkirakan Ford akan memproduksi sekitar 480.000 unit di daratan Eropa. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)