Mobil Balap Listrik

Mobil Balap Listrik

Yorkshire – Mobil-mobil listrik selama ini, jika dilihat dari kecepatannya memang masih kurang memuaskan, tetapi baru-baru ini mobil tenaga Mobil listrik milik Drayson Racing Technologies yang diberi nama Lola B12 69EV ini baru saja menunjukkan kebolehannya. Dimana mobil miliki perusahaan asal Inggris ini merih rekor sebagai mobil listrik tercepat di dunia.

Dimana mobil listrik Lola B12 69EV ini berhasil dipacu dengan kecepatan mencapai 204.2 mph (328,6 km/jam) di RAF Elvington di Yorkshire. Sebagai informasi, bahwa pada tahun 1974, selama ini rekor mobil listrik tercepat di dunia telah diraih dengan kecepatan maksimal 175 mph dengan menggunakan Battery Box General.

Lord Drayson, selaku Mantan Menteri Pengetahuan Inggris dan juga Chief Executive Drayson Racing, mengungkapkan dengan adanya mobil listrik ini, dapat dijadikan pengganti mobil yang berbahan bakar bensin. Bahkan pengemudi Lola B12 69Ev ini juga menyatakan bahwa mobil yang berteknologi listrik ini sangat potensial di masa depan.

Dengan prestasi yang diraih oleh perusahaan yang bermarkas di Kidlington, Oxfordshire ini maka mereka akan terus berupaya untuk mengembangkan teknologi otomotif yang lebih baik lagi. Dimana salah satunya adalah arena balap. Seperti yang dikutip dari BBC, Kamis (27/6/2013), Lord Drayson mengungkapkan bahwa ia berharap dapat menunjukkan kepada khalayak umum mengenai peranan mobil listrik di masa depan.

Sebagai informasi bahwa Lola B12 69EV ini memiliki berat sekitar 1.000 kg. Kapasitas baterainya mencapai 30 kWh lithium-ion dengan tenaga yang bisa dihasilkan setara dengan 850 hp. Memang mobil Lola B12 69 EV ini bukan satu-satunya mobil listrik balap yang ada di dunia, karena pihak dari Nissan dalam hal mobil balap listrik juga memilikinya, dan saat ini pihak Nissan terus meningkatkan teknologi ZEOD RC (Zero Emission On Demand Racing Car). (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)