Tanah Longsor

Ilustrasi Tanah Longsor

Banda Aceh – Gempa yang melanda Aceh pada Selasa, 2 Juli memang menyisakan longsor yang cukup berat di beberapa titik. Bahkan akibat gempa yang berkekuatan 6,2 skala richter tersebut sampai hari ketiga ini menyebabkan beberapa desa yang ada di wilayah Kecamatan Ketol masih tidak dapat dijangkau.

Hal ini disebabkan karena jalan menuju ke tempat tujuan telah longsor. Bahkan berdasarkan penuturan dari Subhan Sahara selaku Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tengah mengungkapkan bahwa ada satu desa yang sampai saat ini belum dapat diakses sama sekali yakni Desa Bah Ketol 1.

Sedangkan untuk desa yang lainnya sudah dapat dijangkau. Ketika dihubungi harianindo, Kamis (4/7/2013), Subhan mengungkapkan bahwa untuk menuju desa bah ketol 1 jalan yang menghubungkan ke desa tersebut telah terputus akibat longsor.

Seperti yang diketahui bahwa desa Bah Bah Ketol 1 tersebut berada di Aceh Tengah dikelilingi dengan lembah yang memang masuk dalam kategori rawan longsor. Namun pengerahan alat berat sudah dilakukan untuk bisa membuka jalan yang menutup akses ke desa tersebut, tambah Subhan.

Sampai saat ini belum diketahui berapa korban jiwa dan bangunan yang mengalami kerusakan yang ada di desa tersebut akibat gempa. Namun kondisi setelah gempa Aceh Tengah mulai berangsur normal. Namun beberapa warga masih trauma akibat gempa tersebut, karena ukuran gempa kali ini tergolong besar. Saat ini konsumsi dan logistik sudah didistribusikan untuk para korban Gempa Aceh. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)