DPR Ingin SBY Tinjau Kinerja Denny Indrayana

Denny Indrayana

Jakarta – Publik kembali disuguhi kocar kacirnya kondisi dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Beberapa waktu belakangan ini terungkap sebuah aksi kekerasan yang terjadi tepatnya di sebuah Lapas yang ada di Kerobokan, Bali.

Selain itu di Lapas lain tepatnya di Lapas Cipinang ada beberapa napi yang mendapatkan perlakuan istimewa. Terkait hal ini, Denny Indrayana selaku Wakil Menteri Hukum dan HAM diduga sebagai pihak yang bertanggungjawab atas beberapa kejadian yang terjadi di Lapas.

Walaupun sebenarnya, Denny sudah sering melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Lapas yang tersebar di seluruh Indonesia namun ternyata hal ini dirasa hanya sebagai pencitraan semata. Ketika dihubungi wartawan Harianindo, Selasa (30/7/2013), Syarifudin Suding selaku anggota dari Komisi III DPR dari Fraksi Partai Hanura mengungkapkan bahwa sidak yang selama ini dilakukan oleh Denny nampaknya tidak memiliki pengaruh apapun.

Karena menurut pengamatan dari Syarifudin bahwa sidak tersebut hanyalah sebagai pencitraan kepada masyarakat saja. Terkait hal tersebut seharusnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dapat bersikap tegas dengan Denny.

Dimana SSyarifudin Suding berpendapat bahwa jika memang Denny sebagai Wakil Menteri Hukum dan HAM, tidak dapat melaksanakan tugasnya, maka ia layak dicopot. Karena selama ini tata kelola dari pihak Kemenkum HAM sendiri hingga sekarang belum menunjukkan perubahan yang signifikan. (Rani Soraya – www.harianindo.com)