Pencapaian Google Play Store Mengalahkan Apple Store

Ilustrasi

California – Kali pertamanya, terkait jumlah aplikasi yang telah diunduh, Google Play Store berhasil mengalahkan Apple App Store. Bahkan berdasarkan App Annie platform, aplikasi yang telah diunduh melalui Google Play lebih unggul sebesar 10 persen dibandingakan dengan iOS.

Walaupun demikian, saat ini iOS memang masih mendapatkan keuntungan sekitar 2,3 kali dari Google. Seperti yang dilansir dari GSMArena, Jumat (2/8/2013), berdasarkan laporan memang menunjukkan bahwa keuntungan dari kedua toko aplikasi tersebut berasal dari game.

Tercatat dalam kuartal kedua pada tahun ini, unduhan game sekitar 40 persen. Dimana App Store tercatat untuk unduhan game sekitar 75 persen, sedangkan Google Play Store telah memperoleh unduhan game sebesar 80 persen.

Yang menarik dari hasil laporan tersebut adalah, China menjadi Negara kedua yang telah mengunduh aplikasi paling banyak dan juga menjadi penyumbang kelima dalam keuntungan yang diperoleh oleh App Store.

Walaupun demikian, konsumen yang ada di Negeri Tirai Bambu tersebut tercatat yang paling banyak melakukan jailbrake iDevice. Sedangkan sumbangsih atas keuntungan App Store telah disumbangkan oleh Amerika Serikat (AS) dan Jepang dengan konstribusinya sebesar 40 persen.

Sedangkan untuk konsumen Jepang, dari laporan yang ada menyebutkan bahwa mereka yang paling banyak menghabiskan uangnya untuk melakukan belanja di Play Strore. Untuk urutan kedua dan ketiga ditempati oleh Korea Selatan dan AS dengan menyumbangkan keuntungan kepada Play Store sebanyak 70 persen. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)