Jaguar Berencana Pamerkan Crossover Terbaru di Frankfurt Motor Show

Mobil Jaguar

London – Dalam ajang Frankfurt Motor Show yang akan digelar pada 10 hingga 22 September nanti, nampaknya Jaguar akan memberikan sesuatu yang berbeda. Dimana kabar yang beredar menyebutkan bahwa pabrikan otomotif yang berasal dari Inggris tersebut akan memperkenalkan crossover terbaru miliknya.

Seperti yang dilansir dari Autoweek, Jumat (2/8/2013), terkait informasi crossover terbaru miliknya, pihak Jaguar telah membenarkan informasi tersebut. Namun sayangnya sampai saat ini masih belum diketahui apakah nantinya crossover ini sudah dalam bentuk produksi atau hanya konsep semata.

Kabar yang beredar menyebutkan bahwa crossover terbaru milik Jaguar ini akan diberi nama XQ atau Q-Type. Dimana type ini adalah sebuah platform untuk mobil entry level dari Jaguar. Sedangkan untuk mesinnya, belum ada keterangan resmi yang dirilis.

Namun spekulasi yang berkembang saat ini menyebutkan bahwa crossover ini nantinya akan hadir dengan beberapa pilihan mesin. Seperti mesin 2.2 liter, dengan 4 silinder sehingga mampu menghasilkan tenaga sebesar 163 hp (120 kW) dan 200 hp (147 kW).

Sedangkan untuk pilihan mesin yang kedua disinyalir menggunakan mesin diesel 3.0 liter V6 dengan 240 hp (177 kW). Dimana untuk mesin bensinnya ada pilihan turbocharged yang menghasilkan tenaga 240 hp (176 kW), sedangkan untuk mesin 3.0 ditambahkan dengan supercharged maka akan menghasilkan tenaga sebesar 340 HP (250 kW). Memang pada awalnya crossover ini baru akan diluncurkan pada paruh kedua tahun 2015 dan akan dibangun di pabrik Land Rover yang ada di Inggris. (Choirul Anam – www.harianindo.com)