Hassan Rouhani

Hassan Rouhani

Teheran – Hassan Rouhani, Presiden Iran Terpilih dalam Pemilihan Umum kali ini, akhirnya telah secara resmi menduduki jabatan sebagai Presiden Iran menggantikan posisi dari Mahmoud Ahmadinejad. Proses pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh pemimpin tertinggi Iran, Ali Khamenei.

Berdasar rilis dari BBC, Sabtu (3/8/2013), terpilihnya Rouhani sebagai Presiden baru Iran tersebut merupakan sebuah angin segar bagi dunia barat. Pasalnya, Rouhani dikenal sebagai calon yang berasal dari kalangan moderat. Seperti yang kita ketahui, pemin Iran selama ini adalah orang-orang yang berasal dari golongan konservatif. Yang memiliki karakter sangat keras.

Pihak Barat menilai bahwa Rouhani akan bersikap lebih lunak daripada Pemimpin Iran sebelumnya, Mahmoud Ahmadinejad sebagai salah satu golongan konservatif. Walaupun demikian, Mahmud Ahmadinejad masih sempat menebar ancamannya terhadap pihak Israel. Pria tersebut menyatakan bahwa meskipun Iran sudah memiliki pemimpin baru, Israel tetap akan segera hilang dari permukaan bumi.

“Akan terdapat sebuah badai besar yang membinasakan Israel sampai ke akar dan lenyap dari permukaan bumi,” ujar Ahmadinejad pada hari terakhir dirinya menjabat. (Rani Soraya – www.harianindo.com)