Pusat penelitian Honda di Ohio

Pusat penelitian Honda di Ohio

Ohio – Sebenarnya fungsi smartphone tidak hanya dipergunakan untuk mengakses media sosial ataupun bermain game. Karena untuk saat ini dengan semakin canggihnya teknologi, kegunaan smartphone juga dapat difungsikan untuk menghindari adanya kecelakaan.

Memang saat ini pabrikan mobil Honda sedang mengembangkan teknologi ini. Rencananya teknologi ini akan dibuat sedemikian rupa sehingga mampu diintegrasikan dengan komputer on board dan juga smartphone.

Seperti yang dikutip dari The Age, Sabtu (7/9/2013), nantinya cara kerja dari teknologi ini menggunakan radar. Sehingga nantinya mampu untuk digunakan ngobrol dengan yang lainnya. Dengan demikian maka perlu disediakan sebuah chip komputer yang nantinya akan ditanam di kendaraan, motor dan juga ponsel.

Dengan demikian nantinya para pejalan kaki dapat saling memberikan informasi dari lokasi masing-masing dan juga dapat mendeteksi jika nantinya mereka berada di jalur tabrakan. Nantinya peringatan akan muncul di layar kendaraa ataupun ponsel.

Dimana di layar mobil akan menunjukkan adanya kedipan jika ternyata ada pejalan kali yang terus bergerak. Dengan demikian layar akan segera memberikan peringatan kepada pengemudi untuk kemudian dilakukan pengereman.

Sedangkan untuk penegmudi yang tidak bereaksi dengan cepat, maka kendaraan akan diprogram untuk berhenti secara otomatis. Dengan adanya teknologi ini maka dapat memaksimalkan penyelamatan para pengendara, penumpang, pejalan kaki dan juga pesepeda.

Untuk diketahui bahwa saat ini memang penelitian ini masih dilakukan di pusat penelitian dan pengembangan Honda di Raymond, Ohio, Amerika Serikat. Honda sendirilah yang memiliki inisiatif untuk menghindari adanya kecelakaan maut. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)