Kepulan Asap Masih Terlihat Jelas di Gunung SinabungMedan – Gunung Sinabung yang berada di Medan, dengan ketinggian puncak sekitar 2.451 dari permukaan laut sekitar pukul 02.51 WIB meletus. Sampai kini gunung Sinabung masih terus menyemburkan asap.

Diperkirakan tinggi kepulan asap sekitar 50 meter dari puncak gunung. Demikian keterangan didapatkan dari Armen Putra, salah satu petugas pos Pemantau Gunung api Sinabung, yang berada di Desa Ndokum Siroga, Kecamatan Simpang Empat, Sumatera Utara (Sumut), Minggu (15/9/2013). Asap yang telah bercampur debu tersebut terbawa angin kearah timur.

Terlihat bahwa asap yang berasal dari puncak Gunung Sinabung tersebut posisinya tidak membumbung keatas, namun turun ke bawah. Sampai pantauan pada pukul 11.30 WIB, semburan asap tersebut sampai kini terlihat masih cukup banyak.

Akibat kejadian ini maka semua warga yang ada di tiga desa tepatnya di punggung Sinabung terpaksa harus diungsikan. Hal ini bertujuan agar tidak ada korban jika nantinya aktifitas gunung berapi ini terus meningkat.

Tiga desa tersebut adalah Desa Simacem dan Desa Bekerah yang ada di Kecamatan Naman Teran, serta Desa Suka Meriah yang ada di Kecamatan Payung. Sedangkan untuk keamanan dikarenakan desa dalam keadaan kosong, maka para petugas kepolisian setempat ditugaskan untuk berjaga. Desa yang hanya berjarak tiga kilometer dari gunung tersebut dijaga juga oleh perangkat desa dan juga dari pihak kecamatan. (Rani Soraya – HarianIndo.Com)