Barack Obama Batal Mengunjungi Malaysia

Barack Obama

Kuala Lumpur – Presiden Barack Obama yang pada awalnya dijadwalkan mengunjungi negeri jiran Malaysia pada 11 oktober tiba-tiba saja mengalami pembatalan. Seperti dilansir dari USA Today (Rabu, 02/10/2013), Presiden Amerika Serikat itu akhirnya mengutus John Kerry sebagai penggantinya. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat ini akan menjadi wakil Obama pada turnya ke Malaysia, Indonesia, Filipina, dan Brunei Darussalam. Di Indonesia sendiri akan diadakan KTT APEC.

Berita pembatalan ini diumumkan langsung oleh Perdana Menteri negara Malaysia Najib Razak dan segera disebarkan oleh media-media cetak maupun elektronik di Malaysia. Hingga saat ini belum ada konfirmasi jelas mengenai penyebab pembatalan sepihak tersebut. Tidak ada satu pihakpun di Gedung Putih yang bisa dimintai keterangan. Presiden Barack Obama sendiri dilaporkan segera menunjukkan rasa kekecewaannya karena tidak bisa berkunjung ke Asia Tenggara seperti rencana awal, mengingat pentingnya agenda yang akan dihadiri oleh Presiden negara Adidaya tersebut.

Spekulasi yang beredar di kalangan media adalah hal ini disebabkan oleh penutupan pemerintahan Amerika Serikat akibat perdebatan panjang antara faksi partai Demokrat dan faksi dari partai Republik. Masih belum jelas apakah agenda yang tersisa akan diteruskan atau tidak, tapi melihat dari pernyataan Barack Obama sendiri sepertinya semua agenda akan dihadiri oleh Menteri Luar Negeri John Kerry. (Galang Kenzie Ramadhan – HarianIndo.Com)