Dunia Internasional Ikut Menyoroti Tertangkapnya Ketua MK

Akil Mochtar

Jakarta – Dengan tertangkap tangannya Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Akil Mochtar atas dugaan kasus suap untuk kasus Pilkada Gunung Mas, Kalimantan Tengah dan Pilkada Lebak, Banten yang ditangkap oleh KPK kemarin, menjadi perhatian pemberitaan media luar negeri.

Banyak media kenamaan seperti kantor berita AFP, The New York Times, Reuters, hingga Washington Post, semuanya memuat tertangkapnya petinggi hukum ini. Bahkan Washington Post, sebagai Koran kenamaan Negeri paman Sam ini juga mengungkapkan operasi tangkap tangan yang dilakukan oleh KPK tersebut.

Seperti yang dikutip dari WP, Juru Bicara KPK, Johan Budi mengungkapkan bahwa memang penangkapan tangan tersebut berdasarkan informasi bahwa akan ada pengiriman uang sebelum hari H. Dicurigai bahwa dua orang yang bertemu dengan Mochtar akan memberikan sejumlah uang.

Dimana kedua orang tersebut adalah Chairun Nisa, anggota DPR dari partai Golkar dan Hambit Bintih, Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Tidka hanya itu saja, WP juga memberitakan bahwa terkait penangkapan Ketua MK ini membuat Presiden SBY terkejut dan menanyakan integritas dan juga semua putusan Lembaga Hukum Tertinggi di Indonesia ini sebelumnya, demikian ucapan SBY dikutip dari Washington Post, Sabtu (5/10/2013).

Sedangkan The New York Times, pada Kamis (3/10) memberitakan dengan judul “Top Indonesian Judge Held in Corruption Case” atas kasus Akil Mochtar. Bahkan media AS tersebut juga membeberkan bagaimana upaya penangkapan Akil dan beberapa orang tersangka lainnya.

Tidak hanya kasus Akil saja, karena sebelumnya The NYT juga memberitakan beberapa kasus penangkapan KPK seperti dugaan suap yang menimpa Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini, Mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq, sampai dengan kasus Anas Urbaningrum.

Selain itu media Asia juga ikut menghangatkan pemberitakan terkait penangkapan Akil Mochtar. Seperti media Aljazeera, yang menyebutkan kasus suap atas pemilihan kepala daerah yang menyeret Ketua MK, serta Singapura The Straits Times dan Asiaone.com juga ikut meramaikan berita ini. (Choirul Anam – www.harianindo.com)