Jalur Busway Koridor 6 Dijaga Puluhan PolisiJakarta – Jalur TransJakarta pada pagi ini terlihat steril di depan Pasar Mampang dari para pelanggar. Hal ini dikarenakan banyaknya polisi yang berjaga dalam jalur TransJakarta sehingga membuat para pengendara ketakutan.

Dari pantauan wartawan harianindo, pukul 08.00 WIB, Selasa (26/11/2013), terlihat di pertigaan ada sekitar 23 anggota polisi lantas serta 5 petugas dari TransJakarta berjaga-jaga. Dengan banyaknya kerumunan dari para petugas tersebut, membuat pengendara ciut nyalinya sehingga tidak berani untuk menerobos ke jalur TransJakarta.

Tidak hanya bertugas untuk menjaga agar lintasan busway clear, namun juga para polisi tersebut bertugas untuk menghentikan para pengendara yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas. Bahkan terlihat dari pantauan bahwa polisi juga sempat menghentikan seorang pengendara motor yang tidak menggunakan helm.

Sebagaimana yang diketahui bahwa lintasan busway untuk koridor 6 yang ada didepan Pasar Mampang sudah menjadi kebiasaan jalur tersebut digunakan oleh para pengendara motor untuk menghindari kemacetan. Bahkan yang mengherankan ketika jalur tersebut mulai dijaga polisi, pengendara motor justru bergotong royong untuk mengangkat motornya demi menghindari tilang.

Memang sejak Senin (25/11/2013) semua jajaran petugas lalu lintas dari Polda Metro Jaya melaksanakan sterilisasi atas jalur TransJakarta dan berhasil menjaring sekitar 254 kasus. Apabila dikalikan dengan denda maksimal sebesar Rp 500 ribu maka dari penilangan 254 kasus ini diperoleh uang sebesar Rp 127 juta. Dari pelanggaran tersebut disita 118 Surat Izin Mengemudi (SIM) dan 136 lembar Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). (Choirul Anam – www.harianindo.com)