Gelombang Suara Dapat Dimanfaatkan Oleh HackerBerlin – Untuk dapat merentas ataupun mencuri data seseorang, peneliti asal Jerman berhasil menemukan metode dengan menggunakan gelombang suara. Dimana seorang hacker tidak membutuhkan jaringan internet untuk dapat mencuri data, cukup dengan penggunaan gelombang suara yang terhubung antar laptop.

Penemuan ini didapatkan oleh saeorang Ilmuwan komputer dari Fraunhofer Institute for Communication, hanya dengan menggunakan laptop tanpa jaringan internet dengan jangkauan 19 meter. Dimana peneliti dalam hal ini hanya menggunakan speaker dan juga mikrofon yang sudah dibenamkan di laptop yang digunakan untuk mencuri data.

Dimana gelombang suara yang digunakan adalah jenis gelombang suara yang tidak dapat didengar oleh telinga manusia. Nantinya gelombang suara tersebut melalui sebuah transmisi akan diubah sekumpulan data.

Sayangnya metode ini hanya digunakan oleh hacker untuk dapat mencuri data dalam jumlah kecil seperti kode-kode penting, pin, ataupun password. Tercatat kecepatan yang digunakan dalam metode ini sekitar 20 bit per detik, namun hal ini sudah cukup untuk digunakan mencuri data sebuah password.

Seperti yang dilansir dari Daily Mail, Sabtu (7/12/2013), walapun transfer data dalam jumlah yang kecil, peneliti tersebut mengungkapkan bahwa nantinya kcepatannya dapat ditingkatkan dengan penelitian yang kelanjutan. Bahkan nantinya jaraknya dapat diperpajang tidak hanya mencapai 19 meter saja, karena nanti akan disesuaikan dengan perkembangan teknologi yang ada. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)