Kebakaran di Penjara Kolombia Menewaskan 10 NarapidanaBarranqulla – Akibat sebuah peristiwa kebakaran yang menimpa salah satu penjara yang ada di Kolombia, membuat sekitar 10 orang narapidana meninggal dan 30 orang tahanan yang lainnya mengalami luka-luka.

Seperti yang dilansir dari AFP, Rabu (29/1/2014), kebakaran yang bermula di penjara di dekat Kota Barranqulla ini setelah terjadinya perkelahian diantara para napi yang membakar matras. Saat ini dikabarkan ke-30 korban luka-luka, ada sekitar 12 orang yang sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit.

Dengan adanya perkelahian yang terjadi di penjara tersebut membuat berbagai pihak menyoroti penuhnya penjara-penjara yang ada di Negara tersebut. Hal ini dikarenakan penjara tersebut tidak hanya menjadi rumah untuk 257 narapidana, namun ternyata juga menjadi milik 1.044 narapidana yang lainnya.

Memang beberapa jam sebelum kebakaran terjadi, pihak sipir melakukan penggeledahan dan ditemukan banyak sekali senjata, narkotika bahkan telepon genggam. Dari keterangan Kepala Sipir Penjara Saul Torres, terungkap bahwa untuk menghentikan perkelahian petuga pada akhirnya menggunakan gas air mata.

Sebagaimana yang diketahui bahwa hal serupa juga pernah terjadi sekitar tahun 2000-an, dimana ada sekitar 25 narapidana tewas dalam sebuah insiden di sebuah penjara La Modelo, Bogota. Kolombia sendiri sebenarnya memiliki ada sekitar 142 penjara dengan kapasitas 75.726 narapidana.(Rani Soraya – www.harianindo.com)