SanDisk Extreme Pro SD : SD Card dengan Spesifikasi dan Harga “Super”California – SanDisk akan merilis SD Card dengan kemampuan super yang dapat mengakomodasi pemakaian kamera digital untuk seorang professional, yaitu dengan memperkenalkan “Extreme Pro SD” yang siap tempur dengan kamera dengan spesifikasi tinggi.

Seperti dilansir dari CNET (Rabu, 12/2/2014), dengan kecepatan menulis data hingga 250MB/sec, Extreme Pro SD sangat cocok digunakan untuk pengambilan gambar secara terus menerus dengan kecepatan maksimum, salah satunya dengan dipasangkan dengan kamera DSLR terbaru keluaran Fujifilm, Fujifilm X-T1 atau Canon EOS 1D dan Nikon D4S.

Selain itu SanDisk Extreme Pro SD juga dilengkapi dengan colokan USB3 (U3) dengan kecepatan transfer data hingga 30 MB/sec yang membuatnya cocok untuk kegunaan merekam video dengan teknologi kamera video 4K 8-bit, seperti yang dimiliki Panasonic Lumic DMC-GH4.

Saat ini di pasaran belum ada SD Card yang mengakomodasi dua kebutuhan di atas, merk lain seperti Toshiba dan Kingston hanya mumpuni dalam salah satu kegunaan yang disebutkan, missal Toshiba Exceria Pro hanya handal dalam kecepatan menulis data, sedangkan Kingston hanya merilis SD Card dengan kecepatan transfer tinggi, tapi kurang cepat dalam menulis data.

Oleh karena spesifikasi yang mentereng tersebut, SanDisk melepas Extreme Pro SD dengan harga yang mentereng pula. Untuk kapasitas memori 16GB dibanderol dengan harga Rp 1,5 jutaan, sedangkan untuk kapasitas memori 64GB dibanderol dengan harga Rp 3,5 jutaan dan rencananya akan segera dirilis pada bulan April mendatang. (Choirul Anam – www.harianindo.com)