Apple dan Samsung Gagal Capai Kesepakatan Masalah Paten, Sidang Pengadilan Segera BerjalanCalifornia – Dua raksasa besar pemain bisnis gadget dunia, Apple dan Samsung, dikabarkan gagal menemukan kesepakatan dalam sebuah perundingan tentang kasus hak paten. Seperti dilansir dari CNET (Sabtu, 22/2/2014), dan tampaknya kita bakal menyaksikan lagi sidang perebutan hak paten tadi yang akan bertempat di California.

Pada laporan pengajuan sidang, dilaporkan bahwa pada minggu pertama Februari 2014 ini, Pimpinan Samsung Mobile, Shin Jong-Kyun dan seorang anggota eksekutif Samsung telah mengadakan pertemuan dengan CEO Apple, Tim Cook, dan seorang penting dalam timnya. Pertemuan yang berlangsung seharian penuh itu bertujuan untuk memediasi kepentingan keduabelah pihak dalam bentuk sebuah negosiasi bisnis. Bahkan pihak perusahaan sering kali saling bertelepon dengan para mediator untuk menanyakan pendapat, berunding, dan lain-lain. Intinya, tegang dan alot.

Pada laporan tersebut tertulis bahwa meskipun telah dilakukan usaha negosiasi sedemikian mendalam, negosiasi tersebut akhirnya tidak berhasil. Hal tersebut berarti, sidang akan segera dilakukan pada tanggal 31 Maret.

Sidang pengadilan ini merupakan sidang besar kedua yang diadakan di California antara dua raksasa industri teknologi tersebut, setelah sebelumnya terjadi di tahun 2012, dimana saat itu dimenangkan oleh Apple. Untuk kali ini, produk yang jadi permasalahan adalah Samsung Galaxy S3. Ancaman kerugian bakal lebih besar jika Samsung terbukti kemali melakukan pelanggaran paten pada produk mereka yang sedang hit di pasaran tersebut. (Rani Soraya – www.harianindo.com)