Harga Xbox One Turun Hingga £399.99 di Pasar Inggris RayaLondon – Raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Microsoft, telah mengumumkan bahwa harga konsol game terbaru mereka, Xbox One, di pasar UK atau Inggris Raya akan segera mengalami penurunan. Seperti dilansir dari Gamespot (Senin, 24/2/2014), harga Xbox One akan turun hingga mencapai £399.99, atau senilai dengan Rp 7,7 juta. Pemotongan harga ini akan dimulai pada Jumat minggu ini.

Pemotongan harga dari Xbox One ini terjadi 94 hari sejak perilisannya. Harga awal konsol ini di kawasan Inggris Raya adalah sebesar £429,99, atau senilai dengan Rp 8,3 juta. Aadapun dibutuhkan dua tahun untuk Xbox 360 turun harga, dengan penurunan sebesar $50 atau £30 (sekitar Rp 600 ribu), menjadi Xbox 360 model 20GB pada Agustus 2007. Sementarav itu, PS3 di pasar Amerika Serikat juga sempat mengalami hal serupa, turun sebesar $ 100 (Rp 1,2 juta), menjadi model 60GB, dan terjadi delapan bulan setelah perilisannya.

Marketing Director dari Xbox UK, Harvey Eagle, mengkonfirmasi bahwa saat ini perusahaannya belum merencanakan pemotongan harga di kawasan di luar Inggris Raya. Sekedar pembanding, saat ini harga Xbox One di tingkat toko/retailer Amerika Serikat adalah $499, atau kurang lebih £300 (sekitar Rp 6 jutaan).

Harvey Eagle mengatakan bahwa pihaknya cukup puas dengan pencapaian Xbox One sampai saat ini. Konsol tersebut menjadi konsol game yang paling cepat terjual sepanjang sejarah pasar game Inggris Raya. Baik Xbox One maupun PS4 telah terjual begitu banyak dan begitu cepat dalam kurun waktu yang begitu singkat di kawasan Inggris Raya. Eagle menambahkan bahwa kita baru beberapa bulan memasuki sebuah generasi game baru yang akan bertahan dalam waktu lama ke depannya, dan pihaknya pun bersiap menempuh perjalanan panjang tersebut.

Eagle mengakui bahwa pemotongan harga itu memang untuk membuat Xbox One lebih “kompetitif” di pasar. Menurutnya, dengan fitur-fitur yang dimiliki Xbox One, tawaran ini sangatlah menarik.
Sebagai bagian dari pemotongan harga tersebut, Microsoft juga akan menjual sebuah bundle game Titanfall yang beredisi terbatas di pasar UK. Pemesanan pre-order Xbox One dengan bonus kode download Titanfall dapat dimulai hari ini. (Rani Soraya – www.harianindo.com)