Pakistan Hentikan Serangan Udara Terhadap TalibanIslamabad – Pemerintahan Pakistan telah mengatakan bahwa pihaknya akan menghentikan serangan udaranya terhadap kelompok militant Taliban. Seperti dilansir dari BBC (Minggu, 2/3/2014), penghentian ini dilakukan setelah kelompok tersebut mengumumkan gencatan senjata selama sebulan.

Namun demikian, pihak Pakistan mengatakan bahwa pihaknya memiliki hak untuk tetap merespon segala macam aktivitas yang berbau kekerasan dari kelompok militant tersebut. Pihak Taliban sendiri memutuskan gencatan senjata yang bertujuan untuk memulai kembali pembicaraan damai dengan pemerintah Pakistan yang sempat terhenti sebelumnya.

Adapun pembicaraan itu gagal ketika pihak sebuah kelompok militant lain yang masih berkaitan dengan Taliban membunuh 23 tentara yang mereka tahan. Dan meski tidak bukan organisasi inti dari Taliban, pihak Pakistan menganggap kejadian tadi sebagai tanggung jawab dari Taliban, dan selanjutnya melakukan serangan udara yang diarahkan ke wilayah barat laut Pakistan, lokasi yang diduga tempat persembunyian Taliban.

Juru bicara Taliban, Shahidullah Shahid, mengatakan bahwa pihaknya memutuskan gencatan senjata, dikarenakan telaha da respon positif dari pemerintah, dan niatan baik dari tokoh-tokoh agama di Pakistan untuk menuju amsa depan yang lebih baik.
Keputusan pemetintah Pakistan untuk mengadakan pembicaraan damai telah menuai kritik dari partai oposisi. Mereka menganggap bahwa pemerintah kurang tegas, seakan tidak memiliki control terhadap para ekstrimis tersebut, karena serangan militan yang dilakukan oleh Taliban sudah sedemikian banyak. Banyak kalangan yang merasa skeptis akan hasil dari pembicaraan tersebut. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)