Pemerintah Membuka 5 Ribu Kursi CPNS untuk Berbagai IlmuJakarta – Kabar gembira untuk para sarjana pencari kerja. Tahun ini pemerintah segera kembali melakukan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil. Pemerintah membuka peluang sebesar 5 persen, atau 5 ribu kuris, dari total 100.000 kursi untuk pelamar tes CNPS 2014 dari berbagai disiplin ilmu.

Seperti dilansir dari halaman resmi Sekretaris Kabinet (Rabu, 16/7/2014), pemerintah akan menyediakan lowongan CPNS di tahun 2014 ini untuk multi-disiplin ilmu. Hal ini merupakan sebuah terobosan baru.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB), Herman Suryatman, mengatakan bahwa selama ini, pengisian kursi CPNS dinilai sangat kaku, karena hanya terpaku pada disiplin ilmu yang tercantum dalam ijazah. Lowongan untuk multi-disiplin ilmu ini merupakan sebuah terobosan dan reformasi birokrasi.

Adapun pemerintah menjadwalkan penerimaan CNPS 2014 ini akan dimulai pada minggu ketiga sampai minggu keempat Juli. Pengumuman formasi pun telah diumumkan sebelumnya.

Herman menyampaikan bahwa pengumuman formasi PNS yang dibutuhakan untuk tiap-tiap instansi telah diumumkan awal Juli kemarin, dan untuk pendaftaran secara online akan dibuka pada minggu ketiga atau keempat Bulan Juli ini. Menurutnya, tes seleksi CPNS 2014 tersebut kemungkinan besar akan dilakukan secara serentak, baik di tingkat pusat maupun daerah. Tes tersebut akan dilakukan di sekitar minggu pertama Agustus nanti.

Adapun untuk tes seleksi tersebut, secara keseluruhan akan menggunakan sistem CAT, atau computer assisted test. Untuk daerah-daerah yang belum memiliki infrastruktur yang memadai, Herman melanjutkan bahwa Kementerian PAN_RB akan bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk memanfaatkan laboratorium Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendik) di daerah yang bersangkutan. Herman juga mengatakan bahwa pemerintah tetap akan menyediakan lembar jawaban komputer (LJK) saat ujian berlangsung sebagai antisipasi. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)