Berita ISIS Terkini: Lagi, Pesawat Koalisi Serang Kilang Minyak di Suriah

advertisement:


29/09/2014

Berita ISIS Terkini: Lagi, Pesawat Koalisi Serang Kilang Minyak di SuriahDamaskus – Serangan udara menggunakan pesawat tempur yang dilancarkan oleh koalisi negara-negara anti kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) yang dilakukan baru-baru ini dilaporkan menghantam empat kilang minyak Suriah yang tengah dikuasai oleh kelompok radikal tersebut.

Seperti dilansir dari BBC (Senin, 29/9/2014), laporan keberhasilan serangan ini dikeluarkan langsung oleh Komando Pusat Amerika Serikat. Serangan gabungan tersebut dilaksanakan oleh AS, Uni Emirat Arab, dan Arab Saudi. Serangan udara lainnya juga sukses menghantam sebuah pusat komando ISIS di wilayah Suriah.

Adapun serangkaian serangan udara dari koalisi negara anti-ISIS tersebut telah dilancarkan sejak Kamis lalu (25/9). Serangan dengan menggunakan pesawat tempur ini menargetkan 12 kilang minyak Suriah yang telah jatuh ke tangan ISIS.

Kilang minyak tersebut pun kemudian dioperasikan oleh ISIS untuk membiayai operasinya di sekitar Suriah. Menurut perkiraan Pentagon, AS, “kilang minyak ISIS” terbeut bisa menghasilkan sekitar US$2 juta per harinya.

Baca juga
Berita ISIS Terkini: ISIS Bunuh Pembela HAM Irak
Berita ISIS Terkini: Presiden Perancis Kutuk Pemenggalan Warganya

Sementara itu, pertempuran darat juga amsih berlangsung di sekitar kota perbatasan bernama Kobane. Penduduk lokal kota tersebut melaporkan bahwa ISIS telah menyerang Kobane selama lebih dari satu minggu. Selama itu pula sekitar lima bom telah dijatuhkan di tengah kota dan dua lainnya di dekat perbatasan dengan Turki.

ISIS tampak “getol” atau mati-matian menyeranga kawasan ini. Akibat pertempuran tersebut, sekitar 140 ribu warga sipil terpaksa melarikan diri masuk ke wilayah Turki. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

advertisement


Google+ comment widget by skipser
advertisement


Photo Gallery