Jakarta – Bagi anda penyuka game di era tahun 80 sampai 90an, pasti kenal dengan karakter game satu ini, Mario Bross. Yup, game ini bercerita tentang seorang tukang ledeng bernama Mario dan saudaranya Luigi yang berusaha menyelamatkan Princess Peach.

Sejak debut pertamanya pada 30 tahun yang lalu, Mario saat ini telah bertransformasi menyesuaikan perubahan zaman. Tampilan pun tak lagi sekadar piksel, namun saat ini Mario dibuat dengan grafis yang lebih baik dan lebih jelas.

Beginilah Perubahan Penampilan Mario Bross Dari Masa Ke Masa

Seperti Mario yang telah berubah, Nintendo selaku pembuatnya pun tak luput dari perubahan. Perusahaan asal Jepang itu meyakinkan kepada publik bahwa mereka akan memulai bisnisnya ke ranah pengembangan mobile gaming. Mungkin ini bisa dikatakan langkah yang berani mengingat Nintendo adalah perusahaan yang besar dalam mengembangkan game konsol.

Salah seorang yang mengikuti perkembangan Mario Bross dari awal debutnya, Tezuka, mengakui bahwa tokoh tersebut harus dapat menyesuaikan dengan tiap generasi.

Kendati mengalami perubahan, Nintendo sudah memiliki standar tersendiri untuk karakter itu. Hal itu diungkapkan oleh Masanobu Endo, seorang profesor dari departemen game di Tokyo Polytechnic University.

“Meskipun sudah melalui semua perubahan dalam perangkat dan teknologi, Nintendo selalu mengkhususkan diri dalam membuat sebuah perasaan tertentu tentang kebebasan ketika memanipulasi karakter,” ujar Endo saat diliput wartawan, Selasa (22/12/2015).

(Rani Soraya – www.harianindo.com)