Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Miris, Belasan Siswa di Sukabumi Positif Terjangkit Virus HIV

Miris, Belasan Siswa di Sukabumi Positif Terjangkit Virus HIV

Sukabumi – Sebanyak 11 pelajar ditemukan positif menidap HIV oleh Komisi Penanggulangan AIDS Kota Sukabumi, Jawa Barat. Kasus ini pun tercatat sebagai penyebaran atau penularan HIV sepanjang Januari hingga November 2016.

Miris, Belasan Siswa di Sukabumi Positif Terjangkit Virus HIV

Ilustrasi

“Pelajar yang ditemukan positif HIV tersebut rata-rata usia 15 hingga 20 tahun,” kata Pengelola Progam KPA Kota Sukabumi, Yanti Rosdiana Parta kepada awak media, Minggu (1/1/2017).

Berdasarkan hasil Voluntary Counselling and Testing (VCT) ternyata pelajar yang tertular HIV tersebut karena pergaulan yang tidak sehat seperti menggunakan narkoba suntik maupun kerap gonta-ganti pasangan.

Meski demikian, dari hasil pendataan yang dilakukan pihaknya hanya tiga pelajar yang asal warga Kota Sukabumi, sisanya berasal dari luar daerah. Biasanya, mereka tersebut tinggal pada rumah sewa (kos) di kota ini terkait melanjutkan pendidikannya.

Adanya pelajar yang terinveksi HIV ini terkait pergaulan bebas yang tidak ada batasan, sehingga mereka terjerumus akibatnya tertular penyakit yang merusak sistem imun atau kekebalan manusia.

Dengan tidak menutup kemungkinan masih ada pelajar yang mengidap HIV, tetapi belum terungkap karena pengungakapan kasus ini ibarat fenomena “gunung es”.

“Kesehatan pelajar tersebut terus kami pantau dan jangan sampai penggunaan ARV nya terputus untuk menekan perkembangan virus dalam tubuhnya,” tambahnya.

Yanti menyatakan pihaknya tidak hanya memberikan terapi atau pengobatan saja. Tetapi, pelajar yang terinveksi HIV tersebut juga diberikan pembinaan agar tetap bersemangat dalam menjalani hidupnya dan yang terpenting tidak menularkan penyakitnya ke orang lain.

Baca juga: Terinfeksi Cacar Air? Perhatikan 5 Hal Berikut!

Sementara itu, dari 112 kasus baru yang ditemukan sepanjang 2016, mayoritas warga yang tertular berada di usia produktif yakni dari umsia 15 tahun hingga 35 tahun. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

7 Makanan Sehat Bagi Ibu yang Hamil Anak Kembar

7 Makanan Sehat Bagi Ibu yang Hamil Anak Kembar

Jakarta – Kehamilan merupakan hal yang sangat dinantikan. Terlebih jika sang ibu ternyata mengandung bayi ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis