Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 7 Makanan Penyebab Osteoporosis

7 Makanan Penyebab Osteoporosis

Jakarta – Osteoporosis atau keropos tulang merupakan penyakit yang banyakan terjadi pada orang lanjut usia (lansia). Namun, selain usia, ternyata makanan juga dapat memicu penyakit yang satu ini.

7 Makanan Penyebab Osteoporosis

Osteoporosis

Kekurangan kalsium serta vitamin D merupakan penyebab utama dari tulang yang tidak kuat. Tetapi, kelebihan makanan juga bisa memicu osteoporosis. Berikut adalah jenis makanan yang bisa membuat proses pengeroposan tulang makin cepat seperti dilansir dari metrotvnews.com, Minggu (15/1/2017):

1. Terlalu banyak protein
Sufat dalam makanan berprotein menyebabkan kalsium dalam tulang keluar. Oleh karena itu, hindari konsumsi makanan berprotein secara berlebihan.

2. Minuman berkafein
Sebuah studi mengungkapkan bahwa minum terlalu banyak kopi (lebih dari 4-5 cangkir per hari) dapat meningkatkan risiko patah tulang. Selain itu, minuman soda juga bisa memicu keropos tulang, terutama pada wanita.

3. Retinol pada vitamin A
Sebuah penelitian telah mengkonfirmasi bahwa wanita yang mengkonsumsi vitamin A dengan dosis lebih dari tiga ribu mikrogram memiliki risiko lebih besar mengalami patah tulang pinggul. Retinol vitamin A terdapat pada hati, kuning telur, produk susu, dan suplemen makanan.

4. Makanan tinggi sodium
Sodium yang terlalu banyak dapat menyebabkan eksresi kalsium melalui urin dan keringat. Oleh karena itu, hindari konsumsi garam meja secara berlebihan.

5. Makanan oksalat
Oksalat adalah bentuk lain dari dalam yang membuat serapan kalsium untuk tulang terhalang jika terdapat pada makanan yang mengandung dua nutrisi tersebut secara bersamaan, misalnya ubi jalar.

6. Dedak gandum
Dedak gandum adalah jenis makanan yang mengurangi penyerapan kalsium, bahkan ketika dimakan bersama dengan makanan yang kaya kalsium. Makanan tersebut berisi fitat yang mengganggu proses penyerapan kalsium dalam tubuh.

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi Buah Hati

7. Alkohol
Konsumsi berlebih pada alkohol jelas memberi dampak buruk, termasuk mengurangi kepadatan tulang karena menganggu penyerapan kalsum dan vitamin D untuk tubuh. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sedang Diet ? Hindari Minuman Ini

Sedang Diet ? Hindari Minuman Ini

Jakarta – Kopi dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh. Sayangnya, ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis