Jakarta – Baru-baru ini, polling digelar oleh Institute for Tansformation Studies (INTRANS) dengan menggunakan Facebook Survey. Polling tersebut hanya digelar selama 15 menit sebelum dan 1 jam sesudah sesi debat yang digelar oleh KPU.

Intrans Gelar Polling di FB, Ahok-Djarot Unggul 75,8 Persen

Tiga Paslon Dalam Acara Debat KPU DKI Jakarta

Selama poling tersebut berlangsung, diketahui telah diikuti sekitar 7.338 responden pengunjung Facebook. Hasil dari polling tersebut menunjukkan paslon Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat sebagai pasangan yang dianggap paling meyakinkan dalam debat perdana ini dengan perolehan 75,8 persen.

Di posisi kedua diisi oleh Anies Baswrdan-Sandiaga Uno dengan perolehan 17 persen. Diikuti dan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni diposisi ketiga dengan 7,2 persen. Direktur INTRANS, Andi Saiful Haq mengatakan, pihaknya menggunakan media Facebook Survey lantaran sampai saat ini masih lebih presisi dan akurat dibanding platform media sosial lain. Dibanding Twitter sangat rawan diserbu oleh akun-akun fake atau robot.

Baca Juga : Ketua GP Ansor Riau Minta Umat Islam Tak Ikuti Gagasan Dukung Habib Rizieq Sebagai Imam Besar

“Ini karena Facebook menyediakan fasilitas survey, kemudian bisa dilokalisir hanya akun-akun di Jakarta yang akan disasar oleh Facebook, kemudian verifikasi dengan data yang masuk memungkinkan peneliti untuk mengecek apakah data responden valid atau tidak,” kata Andi Saiful Haq, Minggu (15/1/2017).

(bimbim – harianindo.com)