Jakarta – Saat Halloween, tidak hanya pumpkin berukir saja yang menjadi ciri khas, apel celup yang dihias beraneka warna ini juga menjadi hantaran yang cantik. Meskipun tidak ikut berparade dari rumah ke rumah, kudapan ini bisa menghadirkan suasana yang berbeda untuk malam minggu anak-anak Anda.

Chocolate-Dipped Caramel Apples, Sajian yang Cocok saat Malam Minggu

Chocolate-Dipped Caramel Apples

Berikut ini resep dan cara membuatnya. Selamat mencoba

Bahan :

400 gram gula pasir
200 ml light corn syrup
75 ml madu
1/4 sdt garam
500 ml cream
3 sdm cream
3 sdm unsalted butter, potong dadu
1 sdm ekstrak vanila
600 gram coklat masak
150 gram kacang sangrai, dicincang
16 buah apel kecil

Cara Membuat :

Campurkan gula, corn syrup, madu dan garam dalam panci. Masak dengan panas medium, aduk terus dengan spatula hingga mulai mendidih pinggir-pinggirnya. Bersihkan bagian pinggir dengan kuas basah agar tidak membentuk kerak. Tutup panci dan masak selama kurang lebih 3 menit. Kemudian buka dan bersihkan bagian pinggirnya lagi. Masak hingga mencapai temperatur 150oC (gunakan termometer khusus gula). Sementara itu, didihkan cream dan jaga agar tetap hangat.

Saat gula sudah mencapai suhu yang disebutkan, matikan api dan masukkan potongan unsalted butter, aduk hingga rata. Secara perlahan masukkan cream panas ke dalam adonan gula, hati-hati karena uapnya akan sangat panas. Panaskan kembali adonan gula hingga mencapai suhu 120oC, aduk terus agar tidak gosong. Angkat dari api, kemudian masukkan ekstrak vanila. Pindahkan ke mangkok yang dalam untuk mencelup apel, biarkan dingin selama kurang lebih 10 menit.

Tusuk masing-masing apel dengan stick, celup apel ke dalam karamel. Dinginkan apel di atas wax paper agar tidak lengket. Jangan biarkan adonan gula dingin, panaskan sebentar jika diperlukan. Lelehkan coklat, celupkan apel yang sudah dingin ke dalam coklat dan taburi dengan kacang cincang atau hiasan lain. Dinginkan apel di tray yang telah dilapisi wax paper.
(Tita Yanuantari – harianindo.com)