Home > Ragam Berita > Internasional > Otoritas Israel Lakukan Penggusuran Pemukiman Ilegal di Tepi Barat

Otoritas Israel Lakukan Penggusuran Pemukiman Ilegal di Tepi Barat

Tepi Barat – Kepolisian Israel pada Rabu (1/2/2017) mulai menggusur permukiman ilegal Amona di Tepi Barat dan tidak ada bentrokan pada penggusuran ini.

Otoritas Israel Lakukan Penggusuran Pemukiman Ilegal di Tepi Barat

Pemukiman Ilegal di Tepi Barat digusur

“Operasi Locked Garden 2 sudah dimulai,” ujar juru bicara kepolisian Israel tersebut sebagaimana diberitakan Xinhua pada Kamis (2/2/2017).

Siaran langsung televisi Israel memperlihatkan bus-bus yang dipenuhi ribuan polisi memasuki Amona dalam rangka melaksanakan perintah pengadilan untuk mengosongkan permukiman tersebut, yang dibangun di atas tanah pribadi Palestina.

Militer telah mengeluarkan perintah kepada para warga untuk keluar dari kompleks dalam waktu 48 jam. Para personel menghadang jalan-jalan yang mengarah ke permukiman itu.

Namun, ratusan pegiat kanan-tengah tiba di Amona untuk menentang penggusuran. Para pegiat menghalangi diri mereka sendiri di rumah-rumah dan di sebuah tempat ibadah Yahudi ketika polisi meminta mereka keluar secara baik-baik. Berdasar pantauan, tidak ada bentrokan muncul pada proses penggusuran.

Baca juga: Senat Amerika Serikat Tunjuk Rex Tillerson sebagai Menteri Luar Negeri

Sebagaimana diketahui, kompleks-kompleks hunian itu dibangun oleh kalangan ultra kanan tanpa izin dari pihak berwenang Israel. Selama ini, pemerintah hanya menutup mata terhadap pembangunan perumahan ilegal tersebut.

Sementara itu, berdasarkan hukum internasional, seluruh pendirian rumah di wilayah tersebut merupakan tindakan ilegal karena dilakukan di atas tanah-tanah yang diduduki Israel pada Perang Timur Tengah 1967. Tanah-tanah itu diharapkan Palestina sebagai wilayah untuk membangun negaranya di masa depan. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Akuarium Raksasa Berisi 13 Hiu Retak, Untung Hiu Tidak Terlepas

Akuarium Raksasa Berisi 13 Hiu Retak, Untung Hiu Tidak Terlepas

Mazatlan – Sebuah akuarium raksasa yang berisi 13 ekot ikan hiu tiba-tiba mengalami keretakan pada ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis