Home > Ragam Berita > Internasional > Amerika Serikat dan Iran Kembali Bersitegang

Amerika Serikat dan Iran Kembali Bersitegang

Washington – Amerika Serikat mulai geram dengan Iran. Peringatan keras sudah dikeluarkan kepada Iran, yang melakukan uji coba misil jarak menengah Minggu (29/1) lalu. Negeri Paman Sam itu kini sedang mempertimbangkan untuk kembali menjatuhkan sanksi ekonomi kepada Negeri Para Mullah.

Amerika Serikat dan Iran Kembali Bersitegang

Penasihat Keamanan Nasional AS Michael Flynn

“kami secara resmi memberikan peringatan kepada Iran,’’ kata Penasihat Keamanan Nasional AS Michael Flynn sebagaimana diberitakan Reuters pada Sabtu (4/2/2017).

Flynn juga mengungkit aktivitas Iran di Yaman yang mendukung kelompok Houthi, sedangkan AS sebaliknya. Menurut Flynn, pemerintahan AS di bawah kepemimpinan Barack Obama dulu gagal merespons tindakan-tindakan berbahaya Iran. Termasuk mengirimkan senjata ke negara konflik, mendukung terorisme, dan pelanggaran-pelanggaran lain terhadap aturan internasional.

’’Pemerintahan Trump mengecam tindakan-tindakan Iran tersebut yang mengancam keamanan, kemakmuran, dan stabilitas di Timur Tengah dan menempatkan kehidupan rakyat Amerika dalam bahaya,’’ tambahnya.

Di pihak lain, pemerintah Iran memastikan bahwa uji coba misil balistik jarak menengah miliknya sukses. Misil balistik tersebut meledak setelah meluncur 1.010 kilometer. Menanggapi komentar AS atas uji coba tersebut, Iran tidak ambil pusing. Penasihat Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, yaitu Ali Akbar Velayati, menyebut ancaman AS tidak berguna.

’’Ini bukan kali pertama orang tidak berpengalaman tersebut mengancam Iran. Pemerintah Amerika akan mengerti bahwa tidak ada gunanya mengancam Iran,’’ tegas Velayati.

Baca juga: Aset Pihak yang Bantu Program Rudal Iran Bakal Dibekukan AS

Dia tidak menyebut dengan jelas siapa orang tidak berpengalaman yang dimaksud. Menurut dia, Iran tidak membutuhkan izin dari negara mana pun untuk mempertahankan diri.

Uji coba yang dilakukan minggu lalu sama sekali tidak melanggar kesepakatan nuklir yang telah ditandatangani Iran. Sebab, misil balistik yang diuji coba tersebut didesain tidak bisa membawa hulu ledak nuklir. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Kepolisian Malaysia Ringkus WNI yang Diduga Terlibat Terorisme

Kepolisian Malaysia Ringkus WNI yang Diduga Terlibat Terorisme

Kuala Lumpur – Seorang warga negara Indonesia bernama Anwar (27) tertangkap di Malaysia. Penangkapan tersebut ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis