Home > Ragam Berita > Internasional > Dimusuhi Negara Arab, Qatar Terancam Krisis Pangan

Dimusuhi Negara Arab, Qatar Terancam Krisis Pangan

Doha – Qatar memang merupakan negara yang memiliki banyak uang hingga menjadi salah satu negara terkaya di dunia. Meski demikian, negara yang kaya akan gas alam tersebut sangat kekurangan dari sisi makanan.

Dimusuhi Negara Arab, Qatar Terancam Krisis Pangan

Qatar

Setelah Arab Saudi serta beberapa negara lain memutus hubungan diplomasi dengan menutup akses bandar udara (bandara) dan pelabuhan, Qatar pun saat ini terancam krisis pangan.

Data dari Bank Dunia menunjukkan, Qatar mengimpor bahan pangan senilai USD 1 miliar pada 2015 untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di kawasan gurun. Sepertiganya berasal dari Arab Saudi beserta Uni Emirat Arab.

“Ketahanan pangan merupakan masalah besar di Qatar,” ungkap Adel Abdel Ghafar seperti dilansir dari CNNMoney, Rabu (7/6/2017).

“Jadi penutupan penyeberangan udara dan darat memiliki implikasi untuk rantai pasokan makanan,” lanjutnya.

Adel yang baru saja kembali dari Doha mengatakan jika masyarakat setempat menyerbu supermarket. Beberapa kebutuhan pokok, seperti susu dan unggas bahkan terlihat sudah habis.

Qatar pun seharusnya sudah mencari alternatif agar kebutuhan pangan masyarakat dapat terpenuhi.

Baca juga: Filipina Desak Facebook Hapus Video Militan Marawi

“Krisis diplomatik ini telah mendorong sedikit pelarangan di supermarket, pemerintah belum merespons tapi saya pikir akan merespon dengan cepat dan mendapatkan susu, unggas dan persediaan lainnya dari negara lain,” kata Abdel Ghafar. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Iran Tuding Amerika Kirim ISIS Ke Afghanistan

Iran Tuding Amerika Kirim ISIS Ke Afghanistan

Ankara – Kali ini AS dikabarkan telah mengirimkan kelompok militan ISIS ke Afghanistan dengan menggunakan ...