Jakarta – Gubernur terpilih DKI Jakarta, Anies Baswedan, menilai kegiatan mudik bersama bisa jadi ajang mempererat silaturahim warga Jakarta yang berasal dari daerah yang sama.

Anies Nilai Mudik Bersama Dapat Mempererat Silaturahmi

Anies Baswedan

Karena itu, dia menyarankan agar pemudik tidak sibuk dengan diri sendiri, misalnya hanya fokus dengan telepon selulernya. Sebab, Anies yakin warga asal satu daerah tidak punya banyak waktu untuk saling bertemu selama menjalani rutinitas kesehariannya di Ibu Kota.

“Gunakan handphone seperlunya. Karena kalau tidak, enggak ada bedanya antara di dalam kota atau pulang bersama sebagai rombongan karena enggak ada interaksinya,” kata Anies, di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (22/6/2017).

Dia menyampaikan hal itu saat melepas sekitar 1.000 warga Minang asal Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, yang hendak mudik ke kampung halamannya.

Baca juga: Inilah Harapan Djarot pada Ulang Tahun Jakarta Ke-490

Pemudik dijadwalkan akan tiba di Kota Batusangkar, Ibu Kota Tanah Datar, pada Sabtu (24/6/2017). Sehingga waktu tempuh yang akan mereka habiskan selama perjalanan dari Jakarta mencapai sekitar 45 jam.

“Jadikan 45 jam ini 45 jam yang berkesan buat anak-anak. Bagi anak-anak yang mengikuti perjalanan ini gunakan kesempatan ini bagi orangtua untuk menjelaskan betapa rayanya Indonesia, betapa indahnya Indonesia, betapa besarnya Indonesia,” ujar Anies. (Tita Yanuantari – harianindo.com)