Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Waspada Kelebihan Lemak di Perut Bisa Berdampak pada Kesehatan Hati

Waspada Kelebihan Lemak di Perut Bisa Berdampak pada Kesehatan Hati

Jakarta – Lemak berlebihan di perut bisa memicu timbulnya berbagai penyakit bila tidak dibakar menjadi energi. Dari beragam macam lemak dalam tubuh, penumpukan lemak di perut adalah yang paling berbahaya.

Waspada Kelebihan Lemak di Perut Bisa Berdampak pada Kesehatan Hati

Ilustrasi

Sejatinya, sel lemak yang berlebih akan melepaskan zat ke pembuluh darah. Apabila yang banyak di perut, akan berdampak pada hati.

“Sel lemak pada orang gemuk yang lemaknya bertumpuk di perut akan menyelubungi hati dan lama kelamaan akan membuat sel hati mengkerut,” ujar dokter gizi klinik dr Samuel Oetoro, MS SpGK (K) dalam acara peluncuran Herbilogy, Selasa (18/7/2017).

Allhasil, orang tersebut akan mengalami pengerasan hati atau sirosis (fatty liver).

Selain di bagian bawah perut, penumpukan lemak yang sering dialami orang kegemukan adalah pada bagian kulit, membuat beberapa bagian seperti lengan, paha, dan dagu menjadi bergelambir.

Tak hanya pada bagian tersebut, penumpukan lemak juga sering terjadi pada bagian pinggang. Secara umum, masalah ini lebih sering dialami wanita karena adanya hormon estrogen yang membuat lemak berlebih banyak mengarah ke bagian tubuh itu.

Baca juga: Inilah Beda Tubuh Bugar dan Sehat

“Kalau pria, biasanya lemak bertumpuk di perut. Sementara wanita pada bagian pinggang,” pungkas dr Samuel. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tips Tidak Mudah Sakit Bagi Pekerja Shift Malam

Tips Tidak Mudah Sakit Bagi Pekerja Shift Malam

Jakarta – Para pekerja shift malam cenderung memiliki masalah kesehatan, terutama jika tidak mengatur gaya ...