Home > Gaya Hidup > Kena Minyak Panas ? Netralisir Dengan Bahan Ini

Kena Minyak Panas ? Netralisir Dengan Bahan Ini

Jakarta – Masyarakat awam biasanya langsung mengoleskan odol ketika salah satu bagian tubuhnya terkena percikan minyak goreng panas. Rupanya hal itu adalah cara yang salah sehingga dapat membuat luka semakin parah.

Kena Minyak Panas ? Netralisir Dengan Bahan Ini

Ilustrasi

Dikutip dari laman Heal Dove, Minggu (27/08/2017), luka bakar yang hanya memerah atau bahkan melepuh harus dialiri dengan air dingin selama lima sampai 30 menit, tergantung pada seberapa besar lukanya. Fungsi air dingin mampu membantu mengurangi pembengkakan.

Setelah itu, bagian yang terluka bisa langsung dioleskan salep antibiotik dan menutupnya dengan perban agar dapat terhindar dari bakteri.

Namun sayangnya luka tersebut tidak disarankan untuk diobat dengan menggunakan es batu karena dapat meningkatkan resiko peradangan apabila luka sudah terbuka.

Rupanya selain itu, ada cara lain dengan menggunakan bahan-bahan yang alami untuk meredakan rasa sakit akibat percikan minyak goreng panas. Simak penjelasannya :

Baca juga : Beberapa Jenis Musik Ini Bisa Bangkitkan Semangat Bekerja

1. Madu dan Kunyit
Sedikit madu dan bubuk kunyit rupanya dapat meredakan sensasi panas atau terbakar. Hal itu bisa dilakukan selama kulit tidak rusak atau berdarah.

2. mentimun
Mentimun mengandung antioksidan, vitamin C dan K yang efektif mengurangi peradangan. Mentimun juga mengandung asam pantotenat yang dapat membantu kulit dan mempertahankan kelembapan.

3. Minyak Zaitun atau Lavender
Minya zaitun yang dioleskan setiap hari selama beberapa minggu setelah luka bakar ringan akan membantu mencegah jaringan parut. Minyak esensial lavender juga bekerja sebagai antiseptik yang efisien dan bertindak sebagai penghilang rasa sakit sehingga dapat membantu penyembuhan lebih cepat.
(Muspri-www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tips Mengatasi Anak Balita Yang Susah Makan

Tips Mengatasi Anak Balita Yang Susah Makan

Jakarta – Salah satu problem yang dihadapi oleh sebagian besar ibu yang memiliki anak berusia ...