Makassar – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika merilis, pada Kamis malam terjadi gempa bumi di bagian Timur Provinsi Sulawesi Selatan, yakni di wilayah Kabupaten Luwu Timur.

Luwu Timur Diguncang Gempa 3,3 SR

“Tepat pada pukul 17:42:26 Wita telah terjadi gempa bumi tektonik di wilayah bagian Timur Provinsi Sulawesi Selatan,” ujar Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, A Fachri Radjab di Makassar Kamis (11/1/2018).

Melalui rilis yang dikirimkan BMKG tersebut, pusat gempa yang berada berada di darat pada jarak 15 kilometer dengan kedalaman 18 kilometer di sebelah Timur Kota Sorowako Kabupaten Luwu Timur dan dirasakan di Sorowako dan Malili.

Dari hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa dengan kekuatan 3,3 Skala Richter (SR) itu berada di koordinat episenter 2.45 lintang selatan (LS) dan 121.14 bujur timur (BT).

“Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini merupakan gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Matano,” katanya.

Baca juga: Menteri M. Nasir Layangkan Laporan ke Polisi, Apa Masalahnya ?

Disebutkannya, hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi dirasakan di Sorowako : I SIG-BMKG (I – II MMI). Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh beberapa orang.

“Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh beberapa orang tetapi tidak menimbulkan kerusakan yang berarti,” ucapnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)