Home > Teknologi > Sains > Di Tangan Warga Yogyakarta, Barang Bekas Dimanfaatkan Menjadi Robot T-Rex

Di Tangan Warga Yogyakarta, Barang Bekas Dimanfaatkan Menjadi Robot T-Rex

Yogyakarta – Memanfaatkan barang bekas untuk menjadi karya? sepertinya hal itulah yang dilakukan Muhammad Iqbal warga kampung Purbayan Yogyakarta. Dirinya dan tim berhasil membuat sebuah robot T-Rex dari barang yang tak lagi digunakan.

Di Tangan Warga Yogyakarta, Barang Bekas Dimanfaatkan Menjadi Robot T-Rex

Saaat dikunjungi di kediamannya, dia berkata bahwa “Sebenarnya kami tidak sepenuhnya memakai bahan-bahan bekas. Tapi sebagian besar bahan seperti motor listrik dan gear box memang kami pakai bahan bekas,”

“Robot T-Rex ini bisa berjalan tanpa roda. Bahkan robot ini mampu menarik gerobak dengan beban maksimal 60 kilogram dan bisa berjalan kurang lebih 30 menit,” paparnya.

Adapun sumber energi penggerak robot ini berasal dari aki baterai yang dimanfaatkan untuk menghidupkan motor listrik dan menggerakkan gear box. Nah, gear box inilah yang difungsikan untuk menggerakkan kaki robot tersebut.

Alumnus SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta ini mengatakan, dia tak seorang diri membuat robot T-Rex ini. Ada ayah dan tiga temannya yang tergabung di dalam tim Jagat Karya Kreasi yang membantunya.

“Selama ini robotik itu kan kebanyakan dari China. Kita pengen bikin juga yang se-real mungkin, kemudian dapat ide T-Rex ini. Karena (dinosaurus) familiarnya ganas, liar, kita coba ingin menjinakkannya,” ujarnya.

Robot T-Rex, menurut Iqbal memang bukan pertama kalinya ada di Indonesia. Namun dia mengklaim, karya ini adalah robot T-Rex pertama di Indonesia yang bisa berjalan.

Iqbal melanjutkan, robot T-Rex yang dibuatnya merupakan hasil terobosan baru. Sebab, melalui robot ini, masyarakat terutama anak-anak bisa berinteraksi secara langsung dengan animasi hewan purba dinosaurus.

“Kenapa kami membuat T-Rex, karena kami juga ingin mengedukasi anak-anak tentang hewan purbakala,” jelasnya.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Spesies Cicak Yang Baru Ditemukan Ini Dinamai ‘Ahok’

Spesies Cicak Yang Baru Ditemukan Ini Dinamai ‘Ahok’

Jakarta – Tim peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menemukan spesies cicak baru di ...