Jakarta – Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G Plate memastikan calon wakil presiden Joko Widodo sudah mengerucut ke satu nama. Hal itu merupakan hasil kesepakatan dalam pertemuan Joko Widodo dengan para ketua umum partai politik anggota koalisi, kemarin malam.

Sekjen NasDem Bungkam Terkait Nama Capres yang Disepakati dengan Jokowi

“Koalisi Pak Jokowi sudah menyepakati satu nama dan akan diumumkan oleh Pak Joko Widodo nanti,” kata Johnny pada Selasa (24/7/2018).

Johnny enggan membuka satu nama cawapres yang sudah disepakati. Dia menegaskan hanya Jokowi yang bakal mengumumkannya. “Tidak akan disampaikan namanya, apa pun alasannya. Nanti oleh Presiden (disampaikan),” ungkapnya.

Johnny menyatakan ada sejumlah pertimbangan satu nama cawapres disimpan rapat-rapat Jokowi. Salah satunya, terkait strategi politik. Pasalnya, koalisi Jokowi belum tahu siapa lawan pasti di Pilpres 2019. “Di sebelah belum jelas siapa lawannya, koalisinya belum jelas, capresnya belum jelas,” ujarnya.

Johnny juga belum bisa memastikan kapan Jokowi bakal mengumumkan pendampingnya. Partai koalisi sudah sepakat menyerahkan mandat penuh pada Jokowi untuk mengumumkannya. “Apakah saat pendaftaran atau sebelum pendaftaran, terserah Pak Jokowi,” ujarnya.

Presiden Joko Widodo mengumpulkan enam ketua umum (ketum) partai pendukung di Istana Bogor, Jawa Barat. Pertemuan berlangsung tertutup.

Baca juga: Anies : Bau Tidak Enak dari Kali Item Bukan Pemasalahan Baru

Makan malam bersama dengan petinggi partai tak masuk pada agenda Presiden yang dibagikan kepada wartawan. Jurnalis yang bertugas di Istana juga tak diperkenankan meliput pertemuan.

Dalam pertemuan tersebut, partai koalisi pendukung Jokowi disebut sudah menentukan calon wakil presiden (cawapres). “Jadi, mulai hari ini kita sudah bisa mendapatkan siapa yang akan kita usung untuk jadi capres dan cawapres nanti,” kata Ketua Umum PPP Romahurmuziy seusai pertemuan di Istana Bogor, Jawa Barat. (Tita Yanuantari – harianindo.com)