Jakarta – Presiden keenam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY tidak hadir dalam Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat di kompleks Parlemen di Jakarta pada Kamis (16/8/2018).

SBY Tidak Hadir Dalam Sidang Tahunan MPR 2018

SBY

Di antara para mantan presiden yang masih hidup, hanya Bacharuddin Jusuf Habibie dan Megawati Soekarnoputri yang hadir dalam sidang yang rutin digelar tiap menjelang peringatan Hari Kemerdekaan RI tiap 17 Agustus itu.

Belum diketahui pasti alasan SBY tidak hadir. Ketua MPR Zulkifli Hasan pun hanya menyebut satu per satu para mantan presiden yang hadir, yakni Habibie dan Megawati.

“Kita doakan beliau selalu diberikan kesehatan,” kata Zulkfili setelah menyebut nama Habibie.

“Terima kasih, Ibu Mega,” ujarnya segera setelah menyebut nama presiden kelima RI itu. “Kalau Ibu tidak datang,” katanya, “sepi kita (majelis Sidang Tahunan MPR).”

Baca juga: Anies Baswedan Akhirnya Angkat Bicara Terkait Pengganti Sandiaga Uno

Selain dihadiri tamu utama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, tampak juga di deretan tamu undangan dua mantan wakil presiden, yaitu Try Sutrisno dan Boediono.

Zulkfili melaporkan bahwa sidang itu dihadiri 463 anggota MPR dari total 692 orang anggota, yang terdiri dari 132 anggota Dewan Perwakilan Daerah dan 560 anggota Dewan Perwakilan Rakyat. (Tita Yanuantari – harianindo.com)