Jakarta – PDIP kali ini soroti anak-anak Amien Rais yang ramai-ramai mencalonkan diri sebagai anggota legislatif di sejumlah tingkatan berbeda-beda dapil. Hal itu dinilai sebagai sebuah bentuk nepotisme baru.

4 Anak Amien Rais Nyaleg, PDIP Sindir Adanya Nepotisme

Eko Suwanto selaku Wakil Ketua DPD PDI-P DIY berkata bahwa “Kini publik menyoroti nepotisme baru ala Amin Rais ini, nepotisme yang membahayakan demokrasi dan kebijakan publik,”

“Dulu yang ditentang oleh Amien Rais kan korupsi, kolusi dan nepotisme. Kini publik bisa menilai sendiri,” jelas Ketua Komisi A DPRD DIY ini.

Karena itu Eko mempertanyakan sikap Amien Rais tersebut terhadap praktik nepotisme. Terlebih keempat anak Amien Rais diketahui bersama-sama menjadi caleg untuk DPR RI dan DPRD DIY.

“Ada Hanum (Rais) untuk DPRD DIY di daerah pemilihan (dapil) Sleman. Selanjutnya ada Ahmad Baihaqy Rais yang juga menjadi caleg DPRD DIY, hanya saja putra bungsu Amien itu ditempatkan di dapil Kulon Progo,” paparnya.

“Ahmad Hanafi Rais yang juga putra sulung Amien kembali maju sebagai caleg DPR RI. Hanafi maju di dapil DIY. Putra Amien lainnya yang juga menjadi caleg adalah Mumtaz Rais,” tutupnya.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)