Home > Ragam Berita > Nasional > Mahfud MD Menilai Perda Syariah Berpeluang Menimbulkan Diskriminasi

Mahfud MD Menilai Perda Syariah Berpeluang Menimbulkan Diskriminasi

Jakarta – Hukum syariah dan sejenisnya dinilai sebagai hukum perdata yang tak perlu dirancang menjadi peraturan daerah atau perda syariah. Penilaian tersebut datang dari Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD. Mahfud menjelaskan, upaya merancang perda syariah hanya akan sia-sia belaka.

Mahfud MD Menilai Perda Syariah Berpeluang Menimbulkan Diskriminasi

“Bikin perda hukum perdata itu buang-buang waktu,” kata Mahfud, pada Sabtu malam, 17 November 2018.

Pernyataan dari Mahfud tersebut, menanggapi seputar kabar Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang menolak perda Syariah. Buntut penolakan ini, Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI) melalui kuasa hukum Eggi Sudjana melaporan Ketua Umum PSI Grace Natile ke polisi.

Grace Natalie dilaporkan oleh PPMI atas dugaan penistaan agama. Ini berkaitan dengan pernyataannya yang menyebut bahwa PSI tidak akan pernah mendukung perda yang berlandaskan agama, seperti perda syariah dan perda injil. Perda, lanjut Mahfud, memang tidak seharusnya memuat peraturan keagamaan yang sangat pribadi, misalnya beribadah.

Pasalnya, di era yang sudah bebas beribadah seperti sekarang, orang tak perlu diatur dalam sembahyang. Mahfud menilai hal itu sama dengan hukum-hukum lain, seperti hukum adat atau agama yang berlaku di Bali. Menurut Mahfud, hukum agama yang diperdakan tak ada gunanya.

Selain itu, berpotensi menimbulkan diskriminasi. Namun, Mahfud berseloroh, lain halnya bila perda syariah dibuat untuk kepentingan kampanye.

“Misalnya orang harus rajin salat, tidak usah diperdakan. Orang harus berpuasa, harus sopan, kan tidak usah diatur itu.”

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Prabowo Sebut Bundaran HI Bisa Digenangi Air Laut di 2025

Prabowo : “Saya Mendapat Support Dari Orang Kristen, Buddhis, Hindu”

Jakarta – Dalam acara Indonesia Economic Forum kemarin, Prabowo Subianto juga bercerita mengeai dirinya yang ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135