Home > Ragam Berita > Nasional > KPK Lakukan Pemeriksaan Terhadap Pejabat PUPR Terkait Kasus PT Waskita Karya

KPK Lakukan Pemeriksaan Terhadap Pejabat PUPR Terkait Kasus PT Waskita Karya

Jakarta – Penyidik KPK tengah menelusuri aliran uang yang diduga dari hasil korupsi proyek fiktif BUMN PT Waskita Karya. KPK menemukan ada setidaknya 14 proyek yang diduga fiktif yang ditangani PT Waskita Karya.

KPK Lakukan Pemeriksaan Terhadap Pejabat PUPR Terkait Kasus PT Waskita Karya

Hal tersebut didalami melalui pemeriksaan Direktur Sungai dan Pantai Kementerian PUPR, Pitoyo Subandrio. Selain itu, penyidik juga memeriksa Hendra Adityawan selaku Kepala Seksi Administrasi Kontrak Tol Benoa 4 PT Waskita Karya.

“Dugaan aliran dana terkait kasus pekerjaan subkontraktor fiktif pada proyek-proyek yang dikerjakan PT Waskita Karya (Persero) Tbk,” ujar juru bicara KPK Febri Diansyah pada Senin (4/3/2019).

Selain itu, penyidik KPK juga mendalami motif di balik pendirian sejumlah perusahaan subkontraktif dalam proyek yang dikerjakan Waskita. “Penyidik mendalami keterangan saksi mengenai pendirian perusahaan subkontraktor,” kata Febri.

Pitoyo tercatat menjadi salah satu orang yang dicegah penyidik dalam kasus ini. Pencegahan itu dikeluarkan untuk memaksimalkan proses penyidikan dalam kasus dugaan korupsi proyek fiktif PT Waskita Karya.

Selain Pitoyo, KPK juga meminta 4 pihak lainnya untuk diberikan status cegah ke luar negeri. Keempat pihak yang dicegah KPK ke luar negeri tersebut yakni Fathor Rahman selaku mantan Kepala Divisi II PT Waskita Karya, Yuly Ariandi Siregar mantan Kepala Bagian Keuangan dan Risiko Divisi II PT Waskita Karya, Jarot Subana selaku mantan Kepala Bagian Pengendalian Divisi II PT Waskita Karya/Dirut PT Waskita Beton Precast, serta Fakih Usman selaku mantan Kepala Bagian Pengendalian Divisi II PT Waskita Karya.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan dua tersangka yaitu Fathor Rachman selaku Kepala Divisi II PT Waskita Karya periode 2011-2013 serta Yuly Ariandi Siregar selaku Kepala Bagian Keuangan dan Risiko Divisi ll PT Waskita Karya periode 2010-2014. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Polisi Cari Emak-Emak Yang Sebut Jokowi Akan Hapus Pelajaran Agama dan Pesantren

Polisi Cari Emak-Emak Yang Sebut Jokowi Akan Hapus Pelajaran Agama dan Pesantren

Makassar – Polisi saat ini sedang mencari seorang ibu yang terekam dalam sebuah video yang ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135