Jakarta – Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul mengaku sudah berusaha untuk mewujudkan rekonsiliasi pascapilpres, khususnya di wilayah Jawa Timur. Bahkan dirinya juga sudah bertemu dengan pada putra kiai asal Madura di kediamannya, The Gayungsari, Surabaya.

Gus Abdurrozaq : "Saya Pendukung Utama 02, Tapi Tidak Akan Mendukung Gerakkan People Power Amien Rais"

Saat ditemui di kediamannya, Gus Ipul menuturkan bahwa “Ada beberapa kesepakatan yang kami ambil dalam pertemuan kali ini. Intinya para lora sepakat bersatu demi kepentingan aswaja, kepentingan umat, kepentingan rakyat dan memperkokoh ukwah,”

Dirinya menjelaskan bahwa para lora yang hadir melihat bahwa perbedaan dukungan dalam pilpres adalah sebuah rahmat. Para ulama meski berbeda pendapat tetap bersatu. Dan sesuai arahan ulama, mereka sepakat untuk melawan berita hoaks, provokasi yang memecah belah ummat.

“Kami hanya akan mengikuti gerakan yang direstui dan dikendalikan oleh para kiai,” kata Gus Ipul.

Sementara itu dalam kesempatan ini Gus Abdurrozaq Sholeh, dari Pesantren Bahrul Ulum, Jombang yang juga hadir dengan tegas menyatakan bahwa pilpres sudah selesai dan meminta seluruh santri terap tenang.

“Saya mengimbau masyarakat tidak perlu ikut gerakan people power yang digagas Amien Rais. Saya pendukung utama 02, tapi tidak akan mendukung gerakkan Amien Rais. Kami para Gus dan Lora hanya akan ikut gerakkan dalam kendali kiai, bukan Amien Rais,” kata Gus Abdurrozaq.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)