California – Mark Zuckerberg, selaku Kepala eksekutif Facebook menyatakan pengujian beta WhatsApp Pay di India berjalan lebih baik dari yang diharapkan. Seperti dikutip dari India Times, Jumat, 26 Juli 2019, Zuck memberi komentar pada panggilan konferensi dengan para analis.

WhatsApp Pay akan diluncurkan di Negeri Barata akhir tahun ini. Persetujuan perizinannya sedang dibahas oleh pemerintah India, dimana sebanyak 400 juta warganya menjadi pengguna WhatsApp.

Facebook melihat pembayaran sebagai bagian penting dari strategi jangka panjangnya karena mengalihkan fokus dari percakapan ke transaksi pribadi.

“Ini adalah pertanyaan persetujuan peraturan di India pada saat ini, dan kami memiliki lisensi untuk meluncurkannya sebagai bagian dari pengujian awal. Tes berjalan lebih baik daripada yang kami harapkan untuk suatu produk yang Anda harapkan perlu tersedia secara luas untuk menjadi berguna. Umpan balik pada tes terbatas adalah positif, dan perusahaan yakin bahwa peluncuran yang lebih luas akan sangat berarti bagi pengguna,” kata Zuckerberg

“Pembayaran adalah bagian yang sangat membuat saya bersemangat. Ketika saya melihat jenis interaksi pribadi yang dapat kita lakukan dengan lebih mudah, pembayaran mungkin yang paling penting untuk jangka panjang. Kami terus menguji pembayaran di WhatsApp di India dan juga hampir diluncurkan di negara lain,” tambahnya.

WhatsApp Pay saat ini dalam mode beta di India sejak awal 2018 untuk satu juta pengguna, tetapi debut nasional ditunda, dengan alasan WhatsApp menolak menyimpan data pembayaran secara eksklusif di India.

“Kami juga bekerja di luar India, di sejumlah negara lain dan berharap ini dapat diluncurkan ke sebagian besar orang yang menggunakan WhatsApp dalam tahun berikutnya. Jadi, itulah tujuannya. Kami mendorong semua masalah ini dan kami akan memiliki lebih banyak untuk dibicarakan segera,” ujarnya.

WhatsApp Pay diprediksi akan menjadi pesaing bagi layanan pembayaran berbasis UPI (Unified Payments Interface). (NRY-www.harianindo.com)