Jakarta – Mungkin sudah menjadi suatu kelaziman apabila ada selebriti Indonesia yang kemudian memilih untuk menetap di luar negeri. Motif yang mendasari mereka untuk berpindah pun macam-macam. Ada yang ingin mengenyam pendidikan hingga mencari peruntungan karier hiburan di negeri seberang.

Perbedaan budaya antara negeri luar dengan Indonesia jelas mempengaruhi pola pikir dan gaya hidup para artis tersebut. Perbedaan yang paling jelas terlihat adalah soal kebebasan berekspresi. Jika di dunia barat mereka bisa bebas berekspresi sesuai keinginan mereka, respon berbeda justru muncul dari publik Indonesia.

Masyarakat Indonesia yang lebih konservatif acap kali melihat unggahan para pesohor yang bermukim di luar negeri sebagai sesuatu yang melanggar norma. Terlebih dengan netizen yang bermental selalu merasa benar, maka yang namanya kontroversi tak bisa dihindari oleh para artis tersebut.

Salah satu artis yang kerap kecipratan komentar negatif adalah Cinta Laura. Ia sempat tinggal di Amerika Serikat untuk mengenyam bangku kuliah di Columbia University, New York. Tak hanya itu, ia juga sempat mencoba peruntungan di Hollywood. Cinta kerap mengunggah foto-foto seksi di Instagram yang sering dicibir para netizen Tanah Air.

Berikutnya adalah Valerie Thomas. Putri dari aktor Jeremy Thomas tersebut terkenal dalam perannya di film Simfoni Luar Biasa. Semenjak kuliah di London, Inggris, ia juga kerap mengunggah foto yang dicap para netter terlalu terbuka.

Penyanyi kondang Anggun C Sasmi pun juga serupa. Pelantun tembang ‘Tua-Tua Keladi’ itu kini go internasional di Perancis. Gaya berpakaiannya pun juga semakin berani.

View this post on Instagram

Being born in a country and belong to a culture can be an accident or a life lottery. Being proud of where you come from doesn’t mean anything because you’re not responsible for it. I’m a citizen of the world but I’m grateful to be born in Indonesia and blessed that what runs in my veins is Javanese love ❤️ Perbedaan antara arti kata bangga dan bersyukur adalah kita tidak bisa berbangga terhadap sesuatu yang tidak kita lakukan atau diluar tanggung jawab kita. Bagi saya kita tidak bisa bangga lahir di satu tempat atau negara tapi seharusnya bersyukur bisa lahir di satu negara bukan di negara lainnya. Jika kalian traveling ke luar negeri, bukan cuma ke negara yang “kaya”, kalian akan lihat bahwa keberuntungan itu kadang bisa terletak hanya dari tempat kelahiran. Jadi bersyukurlah ?? #Javanese #Javanaise #WongJawa ??

A post shared by Anggun Official (@anggun_cipta) on

Go internasional di Amerika Serikat, Agnes Monica atau lebih beken dengan nama Agnez Mo kini juga berpenampilan unik dan nyentrik.

Shaloom Razade pun juga kuliah di London, Inggris. Putri dari Wulan Guritno itu gemar mengunggah foto-foto dirinya mengenakan bikini.

View this post on Instagram

?, ? , ? & ☀️

A post shared by Shalom Razade (@sharazaaa) on

(Elhas-harianindo.com)