Bukares – Matchday ke-5 Grup F Kualifikasi Euro 2020 menjadwalkan Spanyol untuk bertandang ke markas Rumania. Laga yang akan diselenggarakan di Stadion Arena Națională, Bukares, tersebut akan mulai bergulir pada Jumat (06/09/2019) esok pukul 01.45 WIB.

Berdasarkan tabel klasemen sementara Grup F, Spanyol berada di puncak klasemen dengan mengantongi 12 poin. Sementara Rumania menempel di peringkat kedua dengan raihan 7 poin. Laga kali ini dipastikan akan berjalan secara sengit.

Dalam fase kualifikasi grup, Spanyol melenggang dengan tren positif. La Furia Roja sudah menang dalam empat pertandingan berturut-turut. Pada matchday sebelumnya, Spanyol mengalahkan Swedia dengan skor 3-0. Jelas, Spanyol ingin mengincar kemenangan kelima mereka dalam laga tandang esok.

Di lain pihak, Rumania sempat mengawali kualifikasi dengan hasil laga yang tidak memuaskan. Mereka dikalahkan oleh Swedia dengan skor akhir 1-2. Selanjutnya, Tricolorii berusaha untuk bangkit dan berhasil menang melawan Kepulauan Faroe (4-1), imbang melawan Norwegia (2-2), dan yang terakhir, mencetak empat gol tanpa balas saat melawan Malta.

Meski secara tren empat pertandingan terakhir Spanyol lebih ciamik, namun bukan berarti mereka akan mampu bermain mudah di Bukares. Timnas Spanyol nantinya tidak akan ditemani oleh pelatih kepala Luis Enrique lantaran tengah berduka atas kematian putrinya. Karena itulah, Robert Moreno yang menggantikan posisi tersebut.

Tantangan yang akan dihadapi Spanyol adalah dari enam laga head-to-head terakhir, La Furia Roja hanya berhasil bermain imbang tiga kali. Mereka dikalahkan oleh Rumania sebanyak tiga kali. Tak hanya itu, Spanyol belum pernah sukses menang ketika bertandang ke markas Tricolorii.

Laga esok akan menentukan apakah Robert Moreno mampu mengantarkan tim asuhannya mencetak kemenangan kelima, atau tetap tunduk pada kutukan Rumania. (Elhas-harianindo.com)