Jakarta – Nostalgia adalah salah satu kegiatan favorit bagi sebagian orang. Meski tak melulu indah, namun masa lalu menyimpan semangat zaman yang sangat berkesan bagi mereka yang gemar mengapresiasi perubahan dari masa ke masa.

Salah satu yang mengalami perubahan di Indonesia adalah seragam sekolah. Mulai dari SD, SMP, hingga SMA, akan selalu ada hal yang berbeda dari seragam mereka di masa lalu. Akun Instagram bernama serba_serbi.djadoel rupanya mengunggah sejumlah gambar yang menunjukkan seragam-seragam zaman dulu.

Contohnya seperti gambar di bawah ini. Foto murid-murid SD yang sedang mengikuti upacara bendera. Kalau dilihat, celana yang dikenakan oleh seorang siswa pembaca teks nampak pendek dan ketat.

seragam1

Rupanya, seragam SMP tahun 1980an juga memiliki model yang hampir serupa dengan seragam SD. Celana pendek juga dapat ditemukan di seragam SMP.

seragam2

Tak hanya seragam, penampilan fisik pun juga berbeda jauh. Meski baru masa puber, akan tetapi anak-anak SMP zaman dahulu nampak lebih dewasa.

seragam3

Kalau anak SMA, tak hanya seragamnya saja yang menjadi ciri khas. Muda-mudi putih abu-abu era 80an juga mulai mengenal gaya tampilannya sendiri. Terlihat dari gaya rambutnya yang 80an banget.

seragam4

(Elhas-www.harianindo.com)